Singkirkan Atletico, Barcelona ke Semifinal

Singkirkan Atletico, Barcelona ke Semifinal
VICENTE CALDERON - Langkah Atletico Madrid di Copa del Rey akhirnya harus terhenti. Tim berjuluk Los Rojiblancos ini gagal melaju ke semifinal setelah dijegal Barcelona dengan skor 3-2 pada pertandingan penuh drama di Stadion Vicente Calderon, Kamis (29/1) dini hari WIB. 
 
Berkat skor itu Messi dan kawan-kawan memastikan diri lolos ke babak selanjutnya dengan unggul agregat 4-2. Pada pertandingan leg pertama di Camp Nou pekan lalu, Barca menang  1-0. 
 
Bermain di kandang sendiri, Atletico Madrid sempat tampil menggebrak. Harapan lolos menyeruak ketika pada menit ke-1, striker pinjaman dari AC Milan Fernando Torres berhasil mencetak gol cepat ke gawang kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen. 
 
Setelah menerima umpan dari tengah, pemain berjuluk El Nino ini berhasil mengecoh bek Javier Mascherano lalu menggelosorkan bola ke pojok kanan gawang Barca. Sempat mengenai tiang gawang, bola akhirnya masuk tanpa bisa diantisipasi Marc-Andre ter Stegen. 
 
Peluang Atletico sebenarnya makin terbuka lebar, Pasalnya, mereka hanya butuh satu gol lagi untuk mengamankan satu tiket semifinal. Namun sayang keunggulan tak bisa dipertahankan. Pada menit kesembilan giliran Neymar menampilkan aksi memukaunya dengan mencetak gol balasan setelah menyambut umpan Luis Suarez. 
 
Pada menit ke 29, aksi pemain bertahan Javier Mascherano menjegal Raul Garcia di garis kotak penalti membuat penonton tuan rumah bersorak. Atletico mendapat hadiah penalti. Raul Garcia tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan melesakkan gol ke gawang Barca. Kedudukan 2-1 untuk Atletico. 
 
Saat Atletico di atas angin, malang justru tak bisa diadang. Kiper Jan Oblak kembali harus memungut bola dari gawangnya setelah Miranda, yang bermaksud menghalau bola sodoran Messi di kotak penalti, justru menghasilkan own goal pada menit ke-38. 
 
Belum jua pulih dari kejadian itu, Atletico kembali harus tersentak. Gol Neymar pada menit 41 malah membuat Barcelona berbalik unggul. Dalam sebuah skema serangan balik, Messi menyodorkan umpan kepada striker Brasil tersebut dan berbua gol. 
 
Yang menarik, serangan balik itu berawal dari bola pantul yang mengenai lengan bek Barcelona Jordi Alba, saat memblok tendangan keras Griezmann dari dari luar kotak penalti.  Wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran. 
 
Nasib Atletico setelah gol tersebut kian memburuk. Pada akhir babak pertama, mereka harus kehilangan Gabi yang dikartu merah wasit. Saat turun minum sempat diwarnai insiden perang mulut antara Torres dan Neymar. Keduanya terlihat dilerai oleh Raul Garcia. 
 
Hanya diperkuat 10 pemain, Atletico tampil kendur di babak kedua. Barcelona sebaliknya terlihat lebih mendominasi pertandingan. Pada menit 84, Atletico kembali harus kehilangan satu pemain lagi. Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Mario Suarez pada menit ke-84, gara-gara melanggar Messi. Hingga babak kedua berakhir tidak ada lagi gol tercipta. Hasil akhir, skor 3-2 untuk kemenangan Barca. (rep01/rol)
 
Susunan Pemain
 
Atletico Madrid: Jan Oblak, Guillherme Siqueira, Juanfran, Miranda, José Giménez, Mario Suárez, Raúl García, Arda Turan, Gabi, Antoine Griezmann, Fernando Torres
Cadangan: Miguel Moya, Jesus Gamez, Lucas Hernández, Raul Jiménez, Saúl Ñíguez, Cani, Mario Mandzukic
 
Barcelona: Marc André ter Stegen, Gerard Piqué, Javier Mascherano, Jordi Alba, Dani Alves, Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Luis Suárez, Lionel Messi, Neymar
Cadangan: Jordi Masip, Marc Bartra, Adriano, Jérémy Mathieu, Xavi, Rafinha, Pedro

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index