Pekanbaru Targetkan PAD 2015 Jadi Rp1 Triliun

Pekanbaru Targetkan PAD 2015 Jadi Rp1 Triliun

Pekanbaru,  - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, telah menetapkan peningkatan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2015 menjadi Rp1 triliun, naik dari Rp550 miliar pada tahun 2014.

        "Kami mempunyai potensi yang besar untuk meningkatkan pendapatan sampai dua kali lipat," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, di Pekanbaru, Jumat.

        Menurut dia, didorongnya peningkatan penerimaan ini seiring pesatnya kebutuhan pembangunan di wilayah itu yang sudah di tetapkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

        Katanya, banyak program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 hingga 2017, di antaranya pembangunan kawasan perkantoran walikota, terminal kargo, jalan lingkar luar serta pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan, ditambah  selain biaya rutin pegawai.

        "Semua itu perlu biaya yang tidak sedikit, sehingga kami menaikkan target PAD," papar dia.

        Dia juga mengatakan bahwa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di bagian pendapatan, seperti Dispenda, BPT, Tata ruang, Dishubkomimfo, dan lainnya, sudah diberi target masing-masing. Untuk mencapai hal itu berbagai kebijakan baru, peraturan daerah (perda) baru di buat.

        Misalkan, kata dia mencontohkan bahwa pihaknya mulai memberlakukan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) baru bagi pembayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terhitung Januari 2015. (cr01/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index