Pemkab Inhu Gulirkan BOSDA untuk Seluruh Sekolah

 Pemkab Inhu Gulirkan BOSDA untuk Seluruh Sekolah

RENGAT-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) pada tahun 2015 ini telah menganggarkan bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA) yang bersumber dari APBD Inhu senilai Rp 10.232.347.000. BOSDA yang akan diterima seluruh sekolah di Kabupaten Inhu ini merupakan penunjang dana BOS yang bersumber dari pemerintah pusat.
 
“BOSDA merupakan pengganti dana rutin yang sebelumnya diterima sekolah. Sehingga penggunaan BOSDA yang diatur melalui Peraturan Bupati (Perbup) No 74 tahun 2014 ini tidak akan tumpang tindih dengan BOS pusat,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Inhu, Hefnan Endri, Selasa (13/1).
 
Dijelaskan Hefnan, BOSDA akan diterima 81.116 siswa mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Inhu. Untuk tingkat SD, dianggarkan senilai Rp 107 ribu per siswa per tahun dan akan diterima 52.336 orang pada 265 SD.
 
Sedangkan tingkat SMP dianggarkan senilai Rp 140 ribu per siswa per tahun untuk 16.188 siswa pada 63 SMP. Sementara untuk tingkat SMA dan SMK dianggarkan senilai Rp 165 ribu per siswa per tahun. Dimana untuk tingkat SMA ada sebanyak 6.382 siswa pada 18 sekolah dan tingkat SMK sebanyak 4.917 siswa pada 10 sekolah. “Pencairan BOSDA akan dilakukan per triwulan,” ujarnya.
 
Selain menerima dana BOSDA, seluruh sekolah juga akan menerima dana BOS dari pusat. Bahkan pada tahun 2015 ini, dana BOS yang akan disalurkan kepada seluruh sekolah meningkat dibanding tahun sebelumnya.
 
Untuk tingkat SD, tahun 2015 ini akan menerima dana BOS pusat senilai Rp 800 ribu per siswa per tahun, tingkat SMP senilai Rp 1 juta per siswa per tahun dan tingkat SMA/SMK senilai Rp 1,2 juta per siswa per tahun. Sedangkan tahun lalu, tingkat SD senilai Rp 580 ribu per siswa pertahun, tingkat SMP senilai Rp 710 ribu per siswa per tahun dan tingkat SMA/SMK senilai Rp 1 juta per siswa per tahun,” ujarnya.
 
Hefnan berharap dengan adanya dana BOSDA sebagai penunjang BOS pusat dapat membantu pihak sekolah dan siswa memenuhi kebutuhan belajar. Sehingga diharapkan tidak ada kendala bagi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Inhu.
 
“Dinas Pendidikan juga mengimbau kepada seluruh kepala sekolah dapat memanfaatkan BOSDA dan BOS sesuai dengan peruntukkannya dan dapat melaporkannya secara transparan kepada masyarakat,” ujarnya. (cr01/isc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index