Yuk Mengenal Hurrem Roxelana Istri King Suleiman

Yuk Mengenal Hurrem Roxelana Istri King Suleiman
Bagi pecinta serial Abad Kejayaan, atau yang dulu sempat ditayangkan dengan judul King Suleiman, pasti sudah mengenal dengan sosok Hurrem yang menjadi karakter sentral di serial ini. Tapi, tahukah kamu siapa sebenarnya sosok Hurrem yang paling termasyhur itu?
Haseki Hurrem Sultan, Anastasia Lisowska atau yang juga dikenal dengan nama Aleksandra Lisowska, dan juga tenar dengan nama Roxelana. Dia adalah istri King Suleiman yang paling cantik di antara semua istri sang raja.
 
Ia lahir pada tahun 1502 di kota Rohatyn, Polandia. Saat ia beranjak dewasa, Roxelana ditangkap oleh bangsa Tartar Krimea dan dijadikan budak di Kaffa. Setelah itu, ia dibawa ke Konstantinopel, Turki.
 
Wajahnya yang cantik berhasil menarik hati King Suleiman. Dan ia dijadikan istri oleh sultan legendaris di Kerajaan Ottoman tersebut.
 
Sebelum menjadi istri King Suleiman, Roxelana beragama Kristen Othodoks. Ia masuk Islam atas bimbingan sang raja dan menganut agama tersebut sampai akhir hayatnya.
 
Kecantikan Hurrem Roxelana membuat para istri King Suleiman yang lain cemburu. Berbagai cara dilakukan, agar membuat perhatian sang raja kembali kepada mereka.
 
Suatu hari, istri pertama King Suleiman, Mahidevran bertengkar dengan Hurrem Roxana dan ia memukulinya. Naas, pertengkaran itu diketahui oleh sang raja yang langsung mengusir istri pertama beserta putranya, Mustafa. Putra yang seharusnya menjadi pewaris tahta itu pun dibuang ke Manisa.
 
Sepeninggal Mahidevran, pengaruh Hurrem Roxelana kepada King Suleiman semakin kuat. Ia tidak hanya memberikan saran soal rumah tangga istana, tapi juga memberikan pengaruh pada kebijakan politik dan pemerintahan sang Sultan.
 
Semasa hidupnya, Hurrem Roxelana adalah penasihat King Suleiman. Tidak hanya untuk urusan dalam negeri, tapi juga urusan luar negeri kerajaan Ottoman.
 
Beberapa surat yang pernah ditulis oleh Hurrem Roxelana kepada pemimpin negara lain, seperti kepada Raja Sigismund II Augustus menjadi salah satu buktinya. Di dalam surat tersebut, Roxelana meminta kepada sang Raja Polandia itu untuk tunduk kepada suaminya King Suleiman.
 
Selain itu, beberapa sejarawan seperti yang dilansir dari Wikipedia juga meyakini bahwa Hurrem Roxelana juga berhasil mempengaruhi King Suleiman untuk mengontrol penjarahan bangsa Tartar Krimea di tanah kelahirannya, Polandia.
 
Dari pernikahannya dengan King Suleiman, Hurrem Roxelana mendapatkan enam orang anak. Putri Mihrimah, Selim II, Beyazid, Abdullah, Cirangir dan Mehmed.
 
Di masa depan, Selim II menggantikan posisi ayahnya sebagai raja dan memerintah di Kerajaan Ottoman.
 
Selim II berhasil menjadi raja karena Mustafa sudah tiada. Mustafa dibunuh oleh King Suleiman karena takut akan memicu pemberontakan, dan itu akan membuat posisi Selim II jadi tidak pasti di tahta kerajaan.
 
Roxelana meninggal dunia pada 15 April 1558. Jenazahnya dimakamkan di Masjid Raya Sulaimaniah, Konstantinopel, Turki.
 
Makamnya didesain dengan sangat unik dan indah, menggambarkan sebuah taman surga. Itu adalah sebuah penghormatan yang diberikan kepadanya, agar tetap tersenyum di alam lain yang menyenangkan.
 
Tempat peristirahatan terakhir Roxelana berdekatan dengan King Suleiman. Mereka hanya terpisah oleh struktur kubah di Masjid yang sama.(rep01/klc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index