Tahun 2015, Diskes Pelalawan Targetkan Seluruh Bayi Terimunisasi

 Tahun 2015, Diskes Pelalawan Targetkan Seluruh Bayi Terimunisasi
PELALAWAN - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Riau terus berupaya memenuhi cakupan imunisasi bagi para anak atau bayi yang ada di seluruh desa di daerah itu melalui Gerakan Akselerasi Imunisasi Nasional untuk mencapai UCI (GAIN UCI) mengingat saat ini cakupan imunisasi dasar bagi bayi seperti polio, campak, hepatitis B, tetanus dan BCG dalam program Universal Child Immunization (UCI) Desa, masih mencapai 89,8 persen.
 
Informasi ini dibeberkan Kadiskes Pelalawan dr Endid Romo Pratiknyo,  Minggu (4/1) di Pangkalan Kerinci. Dikatakannya, dengan pencapaian cakupan tersebut, maka pihaknya menargetkan pada tahun 2015 ini, sebanyak 118 Desa yang ada dikabupaten Pelalawan sudah menjadi Desa UCI.
 
"Sejak tahun 2009 hingga 2014, pencapaian cakupan UCI yang telah kami lakukan dari sebanyak 118 desa yang ada di Pelalawan ini telah mencapai 89,8 persen. Pada tahun 2015 ini, kami tergetkan seluruh desa (118 desa,red) yang ada di Pelalawan 100 persen sudah menjadi Desa UCI," terang Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan.
 
Dijelaskan mantan Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci ini, bahwa program Universal Child Immunization (UCI) Desa/kelurahan merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk memenuhi cakupan imunisasi dasar lengkap bagi bayi diseluruh Desa/Kelurahan se-Indonesia. Pasalnya, Imunisasi sangat penting diberikan kepada anak (bayi) usai 0-11 bulan, dengan tujuan agar bayi dapat terlindungi dari penyakit dan infeksi. Selain itu, manfaat pentingnya dari imunisasi ini juga untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi dan anak sesuai dengan pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs)
 
"Imunisasi ini merupakan upaya preventif untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi yaitu Tuberkulosis, Difteri, Pertusis (Batuk Rejan/ batuk 100 hari), Hepatitis B, Polio dan Campak. Dan dengan Imunisasi, maka akan memberikan kekebalan terhadap bayi dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Sedangkan keberhasilan upaya imunisasi akan dapat meningkatkan kualitas anak bangsa sebagai penerus perjuangan dimasa mendatang," paparnya.
 
Untuk itu, sambung Endid, mengingat pentingnya imunisasi bagi bayi, maka pihaknya bersama seluruh jajaran medis lainnya di wilayah – wilayah kecamatan terus berupaya mensosialisasikan akan pentingnya imunisasi ini kepada masyarakat. Dengan demikian, maka diharapkan seluruh bayi yang ada di Negeri Bono ini bisa mendapatkan imunisasi dasar lengkap disetiap desa.
 
"Kami sebagai petugas kesehatan, juga tidak henti – hentinya berharap dukungan dan bantuan lintas sektoral, tokoh masyarakat serta juga tokoh agama di Kabupaten Pelalawan yang memiliki motto Tuah Negeri Seiya Sekata ini, untuk terus mensukseskan program imunisasi lengkap untuk bayi, sehingga nantinya mereka diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas. Dengan demikian, maka terget kita untuk mencapai UCI Desa 100 persen dikabupaten Pelalawan ini, dapat tercapai dan terwujudkan ," tutupnya. (rep05/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index