APBN Danai Pengembangan Wisata Bono di Pelalawan

APBN Danai Pengembangan Wisata Bono di Pelalawan

PELALAWAN-Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjadwalkan, 20 Juni mendatang akan menggelar sosialisasi master plan Bono yang akan dibuka oleh Direktur Minat Khusus Kemenparekraf RI, Akhyaruddin. Dalam sosialisasi akan disampaikan bahwa pengembangan wisata Bono sepenuhnya didanai oleh APBN dengan mengundang sebanyak 50 peserta dari pusat, provinsi dan Kabupaten Pelalawan sendiri.

Hal ini diungkapkan oleh Kadisparbudpora Pelalawan H Zulkifli,S.Ag pada wartawan, Jumat (14/6) lalu. Menurutnya, dengan adanya master plan Bono maka ini akan menjadi landasan induk kebijakan pemerintah soal pengembangan pembangunan obyek wisata itu.

"Pembangunan di kawasan Bono ini murni dari APBN yang anggarannya langsung ditangani oleh Kemenparekraf. Alhamdulillah, dengan disosialisasikannya Masterplan ini akan jelas nantinya draft-draft pembangunan yang akan dilakukan di kawasan Bono," katanya.

Kemudian, di tahun 2013 ini, sambungnya, Kemenparekraf juga akan membangun tower anjungan Bono untuk mengintai aktivitas gelombang Bono. Begitu juga pada tahun ini juga Kemenparekraf akan mulai menghitung investasi di lokasi Bono seluas 600 hektar, termasuk mengisi event-event tahunan yang digelar di kawasan bono.

"Jadi nantinya dari Pusat, Provinsi dan Pelalawan saling melakukan koordinasi dan komunikasi untuk pengembangan kawasan wisata alam Bono ini," tandasnya.

Menurut jadwal sosialisasi Bono oleh Kemenparekraf belum ada perubahan dan jadwal sudah ditentukan. " Kita berharap nantinya dari Pelalawan langsung dapat dihadiri oleh Bupati Pelalawan,tokoh masyarakat dan Dinas terkait." ungkapnya.

Master plan ini menjadi landasan bahwa Wisata alam Bono sudah sangat menasional." Kini Bono sudah dikenal secara Nasional maupun internasional. Tentunya pengembangan wisata Bono menjadi wisata alam andalan Riau di tingkat nasional dan go Internasional," pungkasnya. (rep05/mtr)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index