Harga Minyak Dunia Sudah Turun hingga USD60 per Barel

 Harga Minyak Dunia Sudah Turun hingga USD60 per Barel
JAKARTA - Minyak mentah Brent jatuh 3,9 persen ke level USD62,24 per barel di ICE Futures Europe yang berbasis di London Exchange. Harga tersebut merupakan penutupan terendah sejak Juli 2009.
Seperti dilansir Reuters, Kamis (11/12/2014), minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 4,5 persen menjadi USD60,94 di New York Mercantile Exchange.
 
Seorang pejabat Iran memperingatkan pada 9 Desember bahwa harga bisa turun menjadi USD40 per barel jika kesatuan OPEC terpecah. Obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara pengekspor minyak tenggelam bersama dengan minyak mentah berjangka.
 
Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) mengeluarkan laporan bahwa adanya penurunan permintaan global akan minyak dunia pada tahun depan.
 
OPEC memangkas perkiraan untuk produksi minyak mentah sekira 300.000 barel per hari atau turun ke level USD28,9 juta barel per hari pada tahun depan, mendekati posisi permintaan terendah dalam sepuluh tahun terakhir.
 
Sedangkan target produksi resmi OPEC sendiri adalah 30 juta barel per hari. Dengan kenyataan tersebut, terjadi kelebihan pasokan sebesar 1,1 juta barel di pasar. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index