Tragis, Impian Roma Terkubur di Kandang Sendiri

 Tragis, Impian Roma Terkubur di Kandang Sendiri
ROMA – Hanya membutuhkan satu poin untuk lolos ke 16 besar Liga Champions, AS Roma justru kalah 0-2 dari Manchester City di laga terakhir Grup E. Hasil ini sangat mengecewakan lantaran terjadi di Stadio Olimpico. Di lain sisi, atas kemenangan ini, The Citizens memastikan diri menemani Bayern Munich ke babak selanjutnya sebagai runner up.
 
Jalannya Pertandingan
 
Babak Pertama
 
Meski berada di posisi yang lebih diuntungkan untuk lolos ke fase berikutnya, Roma sama sekali tidak ingin main-main. Praktis, 10 menit pertama jadi miliki Francesco Totti dkk. Gervinho pun sudah dua kali menembak bola, namun belum ada yang tepat sasaran.
 
Baru di menit ke-19, City mendapatkan peluang pertama lewat aksi James Milner, yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tapi, kiper Roma Morgan De Sanctis juga tak kalah sigap kala membendung bola.
 
Lagi-lagi, Gervinho menjadi momok membahayakan buat lini belakang City yang dikomandoi Eliaquiem Mangala. Serangan balik cepat berhasil menempatkan Gervinho di posisi yang cukup bebas. Eks winger Arsenal itu menendang bola, tapi masih bisa ditepis dengan baik Joe Hart.
 
Dua sayap Roma tak henti-hentinya menggempur pertahanan City. Kali ini lewat sektor kanan di mana Maicon beroperasi. Dari kanan, bek berkebangsaan Brasil itu sukses menerobos ke tengah dan melepaskan tembakan keras yang arahnya bisa ditebak oleh Hart.
 
Tampaknya, City benar-benar kehilangan sosok Yaya Toure dan Sergio Aguero. Pasukan Manuel Pellegrini itu terlihat buntu dan kesulitan menembus pertahanan Roma.
 
Babak Kedua
 
City terlihat lebih agresif di menit-menit pembuka babak kedua. Namun, justru Roma yang mendapat peluang melalui Miralem Pjanic yang melepaskan tendangan dari jarak jauh, tapi masih bisa dengan sempurna ditepis Hart.
 
Baru di menit ke-60 gol yang ditunggu-tunggu itu datang juga. Samir Nasri dibiarkan bebas tanpa kawalan. Tanpa menyia-nyiakan kesempatannya tersebut, ia tanpa ragu menendang keras bola dari luar kotak penalti, dan gol! De Sanctis tak sanggup menepis bola deras tersebut.
 
Peluang terbuang bagi Roma. Ljajic lebih memilih menembakkan bola langsung ketimbang mengirim ke Gervinho yang sudah menunggu sendirian. Winger tim nasional Pantai Gading itu terlihat kecewa.
 
Mengetahui tertinggal, Roma tak henti-hentinya melakukan serangan. Sempat ada klaim handball yang dilakukan Martin Demichelis di kotak penalti City, namun wasit tetap pada pendiriannya dan play on!
 
Gol Pablo Zabaleta di menit ke-86 seakan menyudahi pertandingan. Ya, Nasri utak-atik di dalam kotak penalti Roma dan mengirim umpan datar ke Zabaleta yang sedang berlari. Hanya sekali sentuhan, bek kanan City itu merobek jala De Sanctis untuk yang kedua kalinya. Skor 2-0 sudah membuat The Citizens aman.
 
Satu per satu para pendukung Roma yang memadati Olimpico mulai beranjak dari kursinya. Tampak raut wajah kecewa dari pelatih Rudi Garcia saat wasit meniup peluit panjang, mengingat pasukannya hanya butuh hasil seri untuk menuju fase berikutnya.
 
Susunan Pemain
 
AS Roma: De Sanctis; Maicon/Florenzi, Manolas, Yanga-Mbiwa, Holebas; Pjanic, Keita, Nainggolan; Gervinho, Totti/Destro, Ljajic/Iturbe.
 
Manchester City: Hart; Zabaleta, Demichelis, Mangala, Clichy; Fernandinho, Fernando; Navas/Silva, Nasri/Kolarov, Milner; Dzeko/Jovetic. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index