Riau

Ratusan Guru dan Pelajar Bengkalis Ikuti Seminar Peduli HIV/AIDS

Teks foto: Wakil Bupati Bengkalis Suayatno menyematkan pin lounching remaja bebas HIVA/AIDS Bengkalis disela-sela kegiatan seminar, Senin (1/12/14).

BENGKALIS- Sempena Hari AIDS Sedunia 1 Desember, sekitar 200 guru dan pelajar mengikuti seminar sehari peduli HIV/AIDS dan Napza “Cegah dan Lindungi Diri, Keluarga dan Masyarakat dalam Rangka Perlindungan HAM”, Senin (1/12/14).

Kegiatan dipusatkan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja di Laut tersebut, dibuka Wakil Bupati Bengkalis Suayatno. Tampak hadir, unsur Lapas Bengkalis, RSUD dan pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Bengkalis. Kegiatan ditaja Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan HIV/ AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis, sebagai narasumber dokter-dokter di RSUD Bengkalis.

Kesempatan ini, Wakil Bupati Suayatno mengungkapkan, HIV/AIDS sudah menjadi permasalahan global dan menjadi persoalan bersama. Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara di ASIA dengan laju perkembangan epidemi HIV tercepat. HIV/AIDS tidak hanya terjadi di kalangan pekerja seksual dan pengguna narkoba dengan alat suntik. Hingga Maret 2014 di Indonesia tercatat lebih dari 100.000 kasus HIV dan lebih dari 40.000 telah berada pada tahap AIDS.

“Di Kabupaten Bengkalis sendiri terdapat 226 kasus HIV, 51 kasus telah berada pada tahap AIDS dan 33 orang diantaranya telah meninggal dunia,” ungkap Suayatno.

Suayatno menambahkan, melalui kegiatan tersebut mampu meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia dan khususnya di Bengkalis.

“Melalui kegiatan ini hendaknya menjadi pemicu bagi generasi muda untuk berperan aktif dalam mencegah penularan baru HIV/AIDS pada diri, keluarga dan masyarakat. Serta ikut memberikan perlindungan bagi penderita HIV/AIDS atau ODHA dari stigma dan diskriminasi,” harapnya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Waki Bupati Suayatno dan selaku Ketua Umum KPA Kabupaten Bengkalis menyematkan pin launching remaja bebas HIV/AIDS.***(cr01/rtc)

 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]