Cabe Merah Rp130 Ribu/kg

Pedagang : Anak Kami Perlu Makan, Bukan Kartu-Kartu

Pedagang : Anak Kami Perlu Makan, Bukan Kartu-Kartu
PEKANBARU-Harga cabe merah di sejumlah pasar Pekanbaru hingga sore Selasa (18/9) mencapai Rp130 ribu per kilogram. Harga ini meroket tajam sejak issu kenaikan bahan bakar minyak (BBM).  Peningkatan sangat tajam itu terasa sejak pagi tadi, sementara kemarin masih berkisar Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram.
 
''Kenaikan harga BBM yang ditetapkan pemerintah kemarin malam sangat mencekik kami. Kami tentu tak mau juga rugi. Memangnya kami mau makan apa,'' kata pedagang sayur di Pasar Panam tadi sore.
 
Hal senada juga diungkapkan pedagang lainnya. Bahkan menurut mereka, kenaikan harga kebuthan pokok itu untuk beberapa minggu kedepan diperkirakan akan terus naik. Penyebabnya, selain kenaikan harga BBM yang dinilai sangat mengganggu tata niaga bahan kebthan pokok, juga akibat putusnya jalan Sumbar Riau subuh tadi.
 
''Hingga sore tadi, jalan belum bisa dilalui.  Artinya, sayur mayur, beras dan lainnya yang dibawa dari sentra produks pangan di sumbar harus terhenti. Kalaupun ada yang masuk, pasti harus memutar melalui kiliranjao,'' kata Ujang pedagang kelapa.
 
Dengan memutarnya rute kendaraan pembawa bahan pangan, otomatis memnambah waktu tempuh berkisar antara lima atau enam jam. ''Itu pun kalau jalur kiliran jao Telukkuantan bagusdan lancar. Jika jalan macet, dipastikan akan lebih lama. akibatnya juga memerlukan biaya tambahan baik untuk BBm maupun lainnya,.
 
Ditanya soal himbauan pemerintah agar pedagang tidak berspekulas dengan menaikan harga barang, para pedagang  mengaku tidak mau rugi akibat kebijakan pemerintah Jokowi, karena semuanya akan terkena imbas. ''Mana bisa begitu. Memangnya Pak Jokowi yang membiayai hidup kami. Macam yang hebat pula pun,'' kata pedagang sayur Inang Meri. 
 
Para pedagang berharap, pemerintah memikirkan kembali nasib rakyat, bukan nasib program kampanye yang tak jelas. ''Kami ini, perlu makan, anak perlu sekolah, bukan perlu kartu-kartu,'' kata Inang Meri lagi seperti dilansir Riaupos.co.(cr01/rpc)
 

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index