Riau Tuan Rumah Pergelaran Seni Se-Sumatera

Riau Tuan Rumah Pergelaran Seni Se-Sumatera

Pekanbaru-Provinsi Riau menjadi tuan rumah pameran pergelaran seni se-Sumatera yang berlansung pada 15-18 November 2014 dipusatkan di Anjung Seni Idrus Tintin Pekanbaru.

"Kegiatan di Anjung Seni Idrus Tintin Pekanbaru ini menjadi ajang silaturahmi antarseniman serta budayawan yang ada di Pulau Sumatera," kata Kepala Taman Budaya Riau, Oka Pulsian Mitra di Pekanbaru, Minggu.

Dia mengatakan, kegiatan iti terlaksana melalui kekompakan dan kerja sama dengan kepala taman budaya se-Sumatera.

Dalam pagelaran ini, menurut Oka Pulsian Mitra, tuan rumah tidak menentukan apa materi yang akan ditampilkan setiap daerah yang ikut.

Setiap provinsi diberikan kesempatan untuk menyuguhkan penampilan yang tentunya tidak terlepas dari kebudayaan daerahnya.

Dalam kesempatan ini, tambahnya, dua provinsi yaitu, Sumatera Selatan dan Kepri saat ini juga belum sempat hadir. Namun, delapan provinsi lainnya sudah siap unuk menghibur para hadirin di pusat kegatan berlansung.

Oka Pulsian Mitra menjelaskan, kegiatan pameran pagelaran ini selalu diusung setiap tahun dan tuan rumahnya secara bergilir.

Sebenarnya, katanya, yang akan menjadi tuan rumah dalam pameran ini sebelumnya sudah disepakati Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), namun karena ada suatu halangan sehingga dialihkan ke Riau.

"Kita sudah melakukan kegiatan dan menjadi tuan rumah untuk acara yang sama sebanyak dua kali yaitu pada 2010 dan sekarang," ungkapnya.

Untuk tahun depan, pagelaran ini direncanakan dilaksanakan di Provinsi Bengkulu. (cr01/ant)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index