Sering Menguap, Waspadai Penyakit Jantung

Sering Menguap, Waspadai Penyakit Jantung
Menguap merupakan gerakan refleks ketika seseorang merasa rasa letih atau mengantuk. Gerakan menarik dan menghembuskan napas ini semua orang melakukannya. Dan dari menguap ternyata bisa menjadi sinyal adanya penyakit.
 
Hal ini tidak biasanya merupakan gejala pertama dari sesuatu yang serius, tapi menguap berlebihan dalam beberapa kasus sebagai sinyal ada sesuatu yang salah pada tubuh. Pola tidur yang kurang bisa jadi penyebabnya.
 
Menurut National Institutes of Health, pada beberapa orang, menguap berlebihan bisa menjadi reaksi yang disebabkan oleh saraf vagus yang dapat menunjukkan masalah jantung. Dalam kasus langka lainnya, menguap juga bisa menandakan sejumlah masalah otak.
 
Ada banyak teori, tapi sedikit bukti tentang mengapa seseorang menguap. Gerakan refleks ini dilakukan tidak hanya karena lelah namun juga bisa jadi akibat kurangnya oksigen dilansir HufftingtonPost, Rabu (12/6/2013).
 
Ada sedikit penelitian untuk mendukung salah satu dari sejumlah teori tentang mengapa seseorang menguap seperti: 
 
1. Pertanda letih atau mengantuk
 
"Kita tidak hanya melakukannya ketika kita lelah. Ini juga mungkin mencerminkan kekurangan oksigen," ujar Profesor di Frances Payne Bolton Sekolah Keperawatan di Case Western Reserve University dan Juru Bicara American Academy of Sleep Medicine, Michael Decker, Ph.D.
 
2. Cerminan kurangnya oksigen 
 
Bagian bawah lobus paru-paru biasanya tidak bekerja ketika seseorang istirahat. Hal ini tidak sama saat berolahraga yang banyak menggunakan kapasitas paru-paru. Pernapasan yang terjadi membantu menjaga paru-paru agar tetap sehat.
 
Dalam kasus pasien operasi, beberapa pasien menurunkan fungsi paru-paru saat menderita pneumonia karena pernapasan dangkal setelah anestesi. "Menguap akan seperti respons homeostatis, tidak bernapas terlalu dalam," kata Decker.
 
3. Menguap karena merasa bosan 
 
Menurut sebuah studi tahun 1986, mahasiswa yang menguap lebih banyak ketika ditampilkan pola warna dibandingkan yang menyaksikan video selama 30 menit.
 
4. Menguap dinginkan otak
 
Penelitian terbaru tentang menguap menunjukkan bahwa itu terjadi untuk mendinginkan otak. Menguap dengan mulut terbuka menyebabkan dinding sinus meluas dan berkontraksi memompa udara ke otak dan menurunkan suhu," katanya dilaporkan National Geographic. 
 
Studi ini menemukan bahwa orang lebih cenderung menguap selama musim dingin. Menguap biasanya berlangsung sekitar enam detik. Selama enam detik, denyut jantung meningkat secara signifikan. Sebuah studi 2012 meneliti tubuh seseorang, sebelum dan sesudah menguap dan menemukan bahwa sejumlah perubahan fisiologis yang terjadi selama enam detik tidak direplikasi ketika peserta penelitian hanya diminta untuk mengambil napas dalam-dalam.(rep03)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index