Sakit, Seorang Jemaah Haji Pekanbaru Masih Di Arab

 Sakit, Seorang Jemaah Haji Pekanbaru Masih Di Arab
Pekanbaru- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau menyatakan seorang jemaah haji asal Kota Pekanbaru masih di Arab Saudi, walau pemulangan kelompok terbang (kloter) terakhir dari Indonesia telah tiba di Tanah Air pada Kamis (6/10).
 
"Pemulangan jemaah haji terakhir dilakukan pada Rabu (5/11) dan tiba di Tanah Air pada Kamis (6/10). Tapi seorang jemaah kita masih tinggal dan menjalani perawatan di Arab," kata Kepala Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Kamis.
 
Dia menjelaskan, seorang jemaah haji Riau itu bernama Amrizal Samsuddin bin Syafril yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 3 embarkasi Batam, Kepulauan Riau masih mendapatkan perawatan dari salah satu rumah sakit di Kota Madinah.
 
Jemaah tersebut masih mendapatkan perawatan karena pada bagian organ tubuhnya belum normal seperti sedia kala, walau telah dilakukan tindakan operasi oleh pihak rumah sakit.
 
"Sebelum berangkat ke tanah suci, ia pernah menjalani operasi usus. Ketika saat berada di tanah suci, rombongan jemaah haji kita akan kembali ke Tanah Air, tapi penyakitnya kambuh. Sehingga terpaksa dirawat kembali dan ditinggalkan," ujarnya.
 
Menurut Tarmizi, pemulangan Amirzal Samsudin yang sebelumnya tergabung kloter 3 embarkasi Batam tersebut tetap dikoordinasikan dengan panitia haji yang berada di Arab Saudi karena sedang melakukan pemantauan terhadap jemaah Indonesia yang masih mendapat perawatan rumah sakit.
 
"Kalau sudah dinyatakan sehat, maka panitia haji akan memberi izin kepada dia untuk pulang ke Tanah Air. Amrizal akan dipulangkan dengan menggunakan penerbangan komersial," ucapnya.
 
Kepala Bidang Penyelenggaraan Umrah dan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Riau M Aziz sebelumnya menyatakan, terdapat dua orang jemaah haji Riau yang sedang mendapatkan perawatan dari salah satu rumah sakit yang berada di Madinah.
 
Namun, seorang jemaah haji atas nama Muchayat bin Muhammad Yahya yang berasal dari Pekanbaru dan tergabung dalam kloter 6 debarkasi Batam, sudah kembali ke Tanah Air bersama seorang pendamping dari tanah suci.
 
"Pada Senin (3/11) kemarin jam 11.30 Wib, Muchayat telah tiba di Tanah Air bersama rombongan jemaah haji dari DKI Jakarta dalam kondisi yang masih sakit. Pada 6 November 2014 merupakan batas akhir jemaah haji dari Indonesia kembali ke Tanah Air," katanya.
 
Berdasarkan data terakhir Kanwil Kemenag Provinsi Riau tahun 2014, total jemaah haji reguler yang berangkat ke tanah suci menunaikan ibadah haji sebanyak 4.016 orang dari kuota yang diberikan pemerintah sebanyak 4.036 orang.
 
Total jemaah haji yang telah kembali ke daerahnya masing-masing berjumlah 4.006 orang yang terbagi dalam 9 kloter jemaah asal Riau dan 2 kloter gabungan, kemudian 8 orang wafat di tanah suci dan 1 orang wafat di Batam ketika baru tiba di Tanah Air serta 1 orang masih di tanah suci. (rep05/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index