DBD di Siak Capai 253 Kasus, Diskes Galakkan Fogging

DBD di Siak Capai 253 Kasus, Diskes Galakkan Fogging

SIAK-Kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Siak meningkat, saat ini tercatat 253 kasus. Angka ini tersebar di empat kecamatan, yakni, Siak, Perawang, Sungai Apit dan juga Sabak Auh.

"Ada beberapa orang penderita yang meninggal dunia akibat kasus DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes), Toni Candra di Siak Sriindrapura, Kamis (30/10/2014). Toni mengatakan,  tingginya kasus DBD, membuat Diskes meningkatkan kewaspadaan dengan mengoptimalkan fogging (pengasapan) ke pemukiman rumah.

"Aksi pengasapan kita lakukan bersama pihak perusahaan yang ada dengan harapan mengantisipasi meningkatnya jumlah kasus penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk aedes aegypti.

Saat ini, kata Toni, tim Diskes yang diturunkan ke lapangan telah melakukan fogging di 1.000 desa yang tersebar di Siak. Selain fogging, untuk antisipasi wabah penyakit mematikan ini, Diskes juga rutin melakukan sosialisasi 3 M, yakni, Menutup, Menguras dan Menimbun barang-barang tempat bersarang nyamuk kepada masyarakat.

"Kita juga menyarankan masyarakat segera membawa keluarga jika terkena deman dengan tanda demam tinggi yang tiba-tiba turun untuk diperiksakan agar mendapat pertolongan medis secepatnya. Karena penyakit ini tidak bisa dianggap remeh," pungkasnya, dikutip halloriau.com. (cr01/hrc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index