Dinobatkan Anugerah Temenggong Tun Hasan

Bupati Bengkalis : Anugerah Ini untuk Masyarakat

Bupati Bengkalis : Anugerah Ini untuk Masyarakat

MELAKA - Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh menerima anugerah Temenggong Tun Hasan dari Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI). Anugerah tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada para kepala negara dan daerah yang dinilai peduli dalam mendukung program DMDI.

Penyerahan Anugerah Temenggong Tun Hasan ini pada pembukaan Konvensyen DMDI ke-15 yang dibuka langsung oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato Muhyiddin bin Mohd Yasin, di Hotel Hatten, Malaka, Senin malam (27/10/2014)  

Acara Konvensyen DMDI ini dibuka langsung oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Dato Muhyiddin bin Mohd Yasin, turut dihadiri Presiden DMDI Datuk Mohd Ali bin Mohd Rustam di Hotel Hatten, yang dihadiri, Yang Dipertua Negeri Melaka, Datuk Seri Utama Mohd Khalil bin Yakoob, Ketua Menteri Melaka, Datuk Sri, Ir. Idris Haroon.

Salah satu keteria DMDI dalam menobatkan Herliyan Saleh menyandang gelar Anugerah Temenggong Tun Hasan, karena selama ini dinilai peduli dan membantu kelancaran program DMDI di Kabupaten Bengkalis. Tidak hanya itu, Pemkab Bengkalis juga telah banyak melaksanakan berbagai program sosial, seperti bantuan kepada masyarakat kurang mampu, program rumah layak huni maupun program pengembang dan pelestarian budaya Melayu.

Usai  menerima anugerah dari DMDI, Bupati Bengkalis mendapat ucapan selamat dari sejumlah undangan yang hadiri, seperti Ketua Kerapatan Adat LAM Riau, Tenas Effendi, Ketua Kerapatan Adat LAMR Bengkalis Zainudin dan pengurus LAMR Bengkalis, Bahrum bahkan mahasiswa Malaysia asal Kabupaten Bengkalis yang sengaja datang dari Kuala Lumpur.

Menurut Herliyan, anugerah dari DMDI yang diterimanya pada Konvensyen DMDI ke-15 merupakan anugerah untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis. Mengingat upaya pembangunan bidang sosial budaya dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) berkat dukungan seluruh elemen masyarakat. Keterlibatan masyarakat merupakan aspek penting dalam menunjang kelancaran sebuah pembangunan suatu daerah, sehingga menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.  

"Anugerah ini menjadi sebuah motivasi untuk memajukan pembangunan aspek sosial dan budaya serta peningkatan SDM. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis terus berperan aktif dan mendukung program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan. Selayaknya saya memberikan ucapan terima kasih kepada masyarakat," ujar Bupati Bengkalis yang bergelar Datuk Setia Amanah Negeri Junjungan.

Diungkapkan Herliyan Saleh, keterlibatan masyarakat dalam pembangunan yang dilandasi dengan persatuan dan kesatuan, merupakan sebuah kekuatan utama dalam memajukan negeri. Apalagi dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang ditandai dengan persaingan global, maka dibutuhkan sebuah pondasi yang kuat. "Kesatuan masyarakat merupakan kunci penting dalam menangkal pengaruh persaingan global," ungkapnya.

Pada waktu bersamaan diserahkan Anugerah Hang Tuah yang diserahkan kepada Darmawi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, serta sejumlah tokoh-tokoh pemimpin daerah maupun negara dari Indonesia dan sejumlah anggota DMDI.

Presiden DMDI, Mohd Ali Rustam dalam sambutannya, sejak didirikan pada tahun 2000 hingga kini, DMDI mempunyai peran penting dalam menyokong pembangunan di negara-negara anggota. Berbagai program telah dilaksanakan untuk memperkokoh silaturahmi antar masyarakat rumpun Melayu serantau dan mempersatukan masyarakat Islam yang tersebar di sejumlah  negara. "Keberadaan DMDI ini mampu mewujudkan keluarga Islam yang besar dan maju, sehingga disegani oleh bangsa-bangsa lain," tandasnya

Pada kesempatan itu, Mohd Ali Rustam memberikan ucapan apresiasi dan selamat kepada penerima anugerah DMDI. hendaknya, pemberian anugerah ini menjadi pemicu dalam memajukan pembangunan bidang sosial, budaya, pemuda maupun agama.

Sementara itu, Ketua Kesatuan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis Malaysia (KMKBM), Muhammad Taufik menyatakan sebagai mahasiwa di luar negeri tentu merasa bangga atas anugerah yang diterima oleh Bupati Bengkalis. Dengan anugerah ini setidaknya akan semakin memperkenalkan dan memperkokoh eksisten Kabupaten Bengkalis di Malaysia maupun negara-negara anggota DMDI lainnya.

"Terus terang kami bangga dengan anugerah yang diberikan kepada Pak Herliyan, makanya begitu mendapat informasi dari media elektronik, saya dan teman-teman pengurus KMBM (Muhammad Al Mansur, M Adha dan Nurul Hidayati, red) langsung meluncur ke Malaka," ujarnya. (cr01/hrc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index