Riau

Ini Dia Pelajar Pekanbaru Raih Emas di Olimpiade Matematika Dunia

Dick Jessen William, siswa SMP Santa Maria, Pekanbaru berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas kompetisi matematika dunia. Jessen, panggilan akrabnya, meraih medali emas di ajang bernama Wizards At Mathematics International Competition (WIZMIC) 2014 berlangsung di India, pekan lalu.
 
"Sebelum bertanding saya tidak ada memikirkan untuk meraih medali. Kita berpikir optimis saja untuk lomba sebaik mungkin. Pikiran saya hanya bagaimana selamat ke India dan selamat lagi pulang," kata Jessen saat dihubungi Tribun, Sabtu (25/10/2014).
 
Jessen tergabung dalam tim Indonesia bersama 15 siswa lainnya yang terbagi menjadi empat tim pada olimpiade matematika internasional yang dilaksanakan di City Montessori School (CMS) Lucknow, India, pada 18-21 Oktober 2014.
 
Keikutsertaan Jessen dalam lomba ini berawal dari seleksi oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Setelah lulus seleksi, bersama 15 teman lainnya dari seluruh Indonesia dilatih selama lima hari mempersiapkan diri.
 
Berkiprah di dunia internasional bukan kali pertama baginya. Sebelum keberhasilan di India, Jessen pernah lomba di berbagai negara termasuk Taiwan dan Singapura. Medali emas di India, adalah untuk kedua kali disumbangkannya bagi tim Indonesia setelah sebelumnya didapat saat berlomba di Singapura.
 
Keberhasilan anak pasangan Andy William dan Rita meraih medali emas WIZMIC 2014 memberikan kebanggaan sendiri bagi sekolahnya, SMP Santa Maria.
 
Kepala SMP Santa Maria Pekanbaru, Henderina menuturkan, suatu kebanggaan anak didik mereka mampu mengharumkan nama negara. Tidak lagi mewakili Riau, salah seorang putra terbaik Riau berhasil menyumbangkan emas di ajang internasional.
 
"Kami merasa bangga punya anak didik mampu harumkan nama negara," katanya.
 
Berbagai lomba, ujar Henderina sering diikuti siswa kelas VIII tersebut. Di tingkat nasional, Jessen juga tim FS2LN. "Dengan keberhasilan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya," ujar Henderina. (rep05/tbc)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]