Pasien Mengerang Kesakitan

Listrik Padam, Operasi Caecar Tertunda Hingga Satu Jam

Listrik Padam, Operasi Caecar Tertunda Hingga Satu Jam
ilustrasi/net
RENGAT-Sejumlah pasien yang akan menjalani operasi cesar di RSUD Indrasari Rengat Jumat (14/7) lalu terpaksa tertunda hingga satu jam. Hal ini disebabkan padamnya aliran listrik di rumah sakit pemerintah tersebut. Akibatnya beberapa pasien, terutama ibu-ibu mengerang kesakitan menunggu jadwal operasi.
 
“Tadi ada lima pasien yang akan menjalani operasi cesar. Rencananya operasi akan dilakukan pukul 09.00, tetapi harus ditunda hingga satu jam karena listiknya padam. Padahal beberapa pasien sudah kesakitan," ujar dokter spesialis kandungan, H Nurhadi, Sp OG, Jumat siang.
 
Diungkapkan Nurhadi, tanpa ada aliran listrik operasi cesar tidak bisa dilakukan. Sebab selain ruangan yang gelap akibat tidak ada cahaya lampu, sejumlah peralatan medis juga tidak bisa di fungsikan tanpa adanya aliran listrik. "Kalau misalnya kita sudah mulai operasi listriknya padam, mungkin kita bisa lakukan tindakan emergency dengan menggunakan senter, tetapi karena saat ini operasinya belum dimulai, kita harus menunda terlebih dahulu," tuturnya.
 
Nurhadi mengungkapkan bahwa RSUD Indrasari Rengat sebenarnya memiliki genset sendiri, hanya saja kebetulan Jumat pagi tersebut, bahan bakar solar pada genset tersebut tengah kosong, sehingga petugas harus membeli terlebih dahulu dan terpaksa antre.“Memang ada genset tetapi saat itu dalam kondisi tidak ada solar. Sementara PLN tidak mengabari akan ada mati lampu,” ungkapnya.
 
Nurhadi berharap PLN  memberikan jalur  khusus untuk listrik di RSUD Indrasari Rengat, sehingga bebas dari pemadaman dan tidak mengganggu pelayanan medis terhadap masyarakat. “Mungkin bisa saja dengan memasang gardu sendiri yang dikhususkan untuk RSUD,” harapnya.
 
Terpisah, Manajer PLN area Rengat Roebady mengatakan pemadaman lsitrik yang terjadi pada Jumat (14/6) pagi akibat adanya gangguan pada gardu yang berada disekitar terminal Gerbang Sari Pematang Reba. “Mati lampu itu disebabkan oleh tiang beton yang tengah dipasang tumbang dan mengenani jaringan udara tegangan rendah,” ujarnya.
 
Pemasangan tiang beton saat ini dilaksanaan untuk perbaikan jaringan dari Pematang Reba arah Belilas. Sehingga dengan selesainya pelaksanaan pemasangan tiang baru ini akan dapat memperbaiki kondisi listrik yang ada.
           
Ketika ditanya tentang solusi untuk mengantisipasi pemadaman lampu ke RSUD Indrasari Rengat. Dikatakannya, untuk saat ini tidak ada program jaringan khusus yang dapat dialirkan ke RSUD. “Sehingga arus yang mengalir ke RSUD sama dengan pelanggan lainnya,” terangnya. (TM01)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index