Riau

Satu Jemaah Haji Rohul Dirawat Di Batam

Pekanbaru-Satu orang jemaah haji dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, terpaksa mendapat perawatan di Rumah Sakit Otorita Batam setelah pesawat Saudi Arabia yang membawa 444 orang jemaah mendarat di Tanah Air tepat pada pukul 11.03 WIB.

"Jemaah kita yang sakit atas nama Nur Samsu dengan umur 89 tahun yang berasal dari Kecamatan Rambah dan terpaksa dirujuk ke salah satu rumah sakit di Batam," ujar Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Selasa.

Nur Samsu, menurutnya, menderita sakit akibat kelelahan usai melakukan perjalanan pulang ke Tanah Air sehabis menunaikan ibadah haji dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang memakan waktu sekitar delapan jam lewat udara.

Beliau sempat mendapat perawatan yang dilakukan oleh poliklinik embarkasi haji Batam beberapa saat setelah pesawat yang ditumpanginya mendarat bersama ratusan orang jamaah haji, sebelum kemudian dirujuk ke rumah sakit.

"Mudah-mudahan beliau tidak apa-apa karena esok jamaah haji Rohul akan diterbangkan ke Pasir Pangaraian dengan empat kali penerbangan masing-masing pada pukul 7.00 Wib, kemudian 09.30 WIB, lalu 12.00 Wib dan pukul 15.30 WIB," katanya.

Begitu tiba di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian menggunakan pesawat Nusantara Air Charter, lanjut Hasibuan, direncanakan para jemaah haji disambut isteri Bupati Rohul Magdalesni Achmad dan Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri serta beberapa penjabat daerah.

"Saya mohon doa semua masyarakat Rohul, agar cuaca bagus. Sehingga tidak ada hambatan yang berati dalam penerbangan pulang ke Pasir Pengaraian," ucap Hasibuan.

Jemaah haji tergabung dalam kloter 5 berjumlah 444 orang terdiri dari 246 orang asal Rohul, 179 orang Kabupaten Indragiri Hulu dan 19 orang Kota Pekanbaru.

Begitu tiba di Tanah Air, para jemaah haji langsung disambut oleh dua orang kepala daerah di Riau yakni Bupati Rohul Achmad dan Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Provinsi Riau jumlah jamaah haji untuk tahun ini berjumlah sebanyak 4.016 orang dari total kuota didapat sebanyak 4.036 orang yang dibagi menjadi 9 kloter dan berangkat dari embarkasi Batam.

Sebanyak empat orang jemaah wafat di tanah suci yang masing-masing terdiri dari dua orang jemaah calon haji serta dua orang jemaah haji dari total yang berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini dari Provinsi Riau.

"Dari 4.016 orang jamaah dari kita, empat orang diantaranya meninggal dunia. Sehingga total jumlah jemaah dari Riau sekarang ini tinggal 4.012 orang," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Riau, M Aziz. (cr01/ant)
 

 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]