Karhutla Riau Dianggaran Sementara Rp 500 Miliar

 Karhutla Riau Dianggaran Sementara Rp 500 Miliar
Jakarta-Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan Sonny Partono menyebutkan, anggaran sementara untuk pemadaman api di lahan gambut di Provinsi Riau mencapai Rp 500 miliar.
 
"Untuk pemadaman dan cuaca buatan itu saja sudah menghampiri setengah triliun," sebut Sonny usai ekspos laporan hasil audit kepatutan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di kantor UKP4 Jakarta, seperti dikutip dari antara, kemarin.
 
Menurut Sonny, Instruksi Presiden nomor 16 tahun 2011 telah menjadi dasar untuk penegakan hukum oleh kepolisian. "Kami hanya sebagai pendukung pemadaman di darat serta bertugas memberikan sosialisasi ke masyarakat dan menyiapkan sarana dan prasaran lainya untuk memadamkan api," ujar dia.
 
Adapun tugas lain dalam penanggulanan kebakaran lahan gambut dari udara dan hujan buatan, lanjut Sonny, merupakan tugas Badan Penanggulangan Bencana Nasional.
 
Sonny pun berpendapat, anggaran pemadaman api yang besar ini seharusnya bisa lebih bermanfaat bila bisa dialokasikan untuk pencegahan kebakaran hutan. "Tidak ada yang bisa disalahkan. (Namun), seandainya anggaran itu dibagi-bagikan ke masyarakat dengan bentuk pembukaan dan pembersihan lahan tanpa bakar tentu akan meminimaisir titik api," papar dia.
 
Berdasarkan audit kepatutan yang dilaksanakan Tim Gabungan Nasional, 93 persen dari 12.541 titik api sepanjang periode Januari-Maret 2014 di Riau merupakan lahan gambut. (rep05/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index