Soal Menteri, Ini Surat Terbuka Indra J Piliang untuk Jokowi

Soal Menteri, Ini Surat Terbuka Indra J Piliang untuk Jokowi
JAKARTA - Politikus Partai Golkar, Indra J Piliang membuat surat terbuka untuk presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Surat tersebut dimuat di blog pribadinya pada Kamis (9/10) dengan judul Surat Terbuka untuk Jokowi: Tentang Mimpi Generasi Usia 40-an Tahun.
 
Dalam surat itu, Indra menyoroti mengenai pemilihan kandidat menteri untuk kabinet mendatang. Ia pun menyarankan agar Jokowi sebaiknya mengangkat menteri yang berada di generasi 40 tahun.
 
"Saya berharap, Bapak mewujudkan mimpi satu generasi tentang Indonesia masa depan. Satu generasi yang rata-rata berusia 40 tahun, lahir dari pergerakan pemikiran dan aktivisme akhir tahun 1980-an dan era 1990-an," tulis dia.
 
Menurut Indra, generasi itu merupakan bunga yang tumbuh dari kelebihan gizi pembangunan era Orde Baru. Tetapi terjepit dalam pembatasan secara intelektual, sosial dan politik. 
 
"Generasi yang sebetulnya apatis dan apolitis, tetapi terpaksa ikut dalam aktivisme kampus dan luar kampus untuk membuka pintu demokrasi yang tertutup rapat dan dijaga ormas pemuda berloreng, hansip, polisi dan tentara," tambahnya.
 
Ia juga menyoroti mengenai nama-nama yang muncul belakangan. Namun sayangnya, nama-nama itu justru berasal dari generasi yang sudah tua.
"Banyak nama yang terus muncul dan dimunculkan untuk ada di sekitar Bapak, bahkan ketika yang melahirkan konsep Trisakti mereka tumbangkan dengan propaganda gerakan Angkatan 1966."
 
Menurut Indra, mereka itu yang ingin terus ada di lapisan atas dan membentuk kader biologis serta ideologis. Tujuannya, agar terus ada dan berkuasa. 
 
"Nama-nama yang dulu kami hadapi dalam gerakan 1990-an, terus muncul lagi dengan berbagai dandanan, titel ataupun gelar akademis. Bagaimana bisa energi murni pembaharuan dan perubahan bisa tumbuh subur, apabila fisik yang menggerakkannya sama dan saling bertolak-belakang?" (rep01/rol)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index