Maestro Sastra Gabriel Marquez Tutup Usia

  Maestro Sastra Gabriel Marquez Tutup Usia
Mexico - Dunia penulisan berduka. Penulis pemenang Nobel, Gabriel Garcia Marquez tutup usia pada Kamis, 18 April 2014, atau Jumat dinihari waktu Indonesia di rumah sakit di Kota Meksiko. Kematian ini dikonfirmasi oleh Margarita Marquez, sepupunya.
 
Situs Time menulis Marquez meninggal akibat infeksi paru-paru dan penyakit saluran kencing. Dua penyakit ini membuatnya dirawat di rumah sakit sejak Maret. Pria yang biasa disapa Gabo ini adalah penulis berpengaruh kelahiran Kolombia, 87 tahun lalu.
 
Ia dikenal dengan karyanya "One Hundred Years of Solitude" pada 1967 dan "Love in the Time of Cholera" pada 1985. Novel yang disebut belakangan menjadi novel best seller, terjual lebih dari 30 juta kopi, dan diangkat ke layar lebar. Karya ini juga yang menginspirasi film Serendipity dan akhir cerita serial populer How I Met Your Mother.
 
Tahun 1982, Gabo memenangkan Nobel untuk bidang literatur seperti novel dan cerita pendeknya. Gabo adalah orang Kolombia pertama dan orang Amerika latin keempat yang mendapat anugerah tersebut. Suami Mercedes Barcha ini dianggap memperkenalkan genre literatur baru yaitu realisme magis. Genre ini menggabungkan fantasi dan realita yang disusun dengan kaya dalam dunia imaginasi.
 
Gabo kerap disebut sebagai penulis berbahasa Spanyol paling signifikan sejak Miguel de Cervantes, penulis Don Quixote. Bagaimanapun, pria yang memulai kariernya sebagai jurnalis ini tak pernah melupakan dunia jurnalisme. Dia pernah berkata kepada The Paris Review. "Saya selalu yakin bahwa profesi saya sebenarnya adalah jurnalis," ujarnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index