Jangan Salah, Makanan Pedas Juga Baik bagi Kesehatan

 Jangan Salah, Makanan Pedas Juga Baik bagi Kesehatan
Jakarta - Bagi pencinta makanan pedas, kehadiran cabai atau sambal pada makanan adalah hal yang mutlak. Terlepas dari rasa mulas yang mungkin bisa hinggap, makanan pedas memang sungguh menambah nafsu makan dan menggugah selera. 
 
Kandungan capsaicin pada cabai adalah penyebab rasa terbakar pada lidah saat Anda memakan makanan pedas. Ternyata capsaicin tidak hanya membuat Anda kepedesan, tapi juga bisa menyehatkan. Dikutip dari Fox News, berikut empat manfaat memakan makanan pedas:
 
1. Berat badan menurun
Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa makanan pedas dapat membakar lebih banyak kalori karena mampu meningkatkan metabolisme hingga 8 persen. Selain itu, biasanya orang tidak akan mampu menghabiskan satu porsi makanan pedas, sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit. 
 
2. Membuat jantung sehat
Senyawa capsaicin dalam makanan pedas dapat memunculkan sensasi panas di lidah. Rasa panas di lidah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Dalam sebuah studi oleh American Chemical Society disebutkan bahwa kandungan capsaicin dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol sekaligus meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang menyebabkan penyempitan arteri di jantung. 
 
3. Mencegah kanker
Menurut data dari American Cancer Society, beberapa makanan pedas terbukti memiliki sifat penangkal kanker. Capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker prostat. Selain cabai, rempah-rempah pedas yang mengandung curcumin antioksidan aktif juga diklaim dapat mencegah kanker. 
 
4. Menurunkan tekanan darah
Senyawa capsaicin dapat meningkatkan nitric oxide yang dapat melindungi peradangan dan menurunkan tekanan darah. Dari semua makanan pedas, cabai rawit diyakini paling cepat menurunkan tekanan darah dibanding jenis cabai lain. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index