Belum Punya Anak, Cobalah Tips Ini

Belum Punya Anak, Cobalah Tips Ini
New Delhi : Banyak faktor risiko yang bisa memengaruhi penurunan jumlah sperma. Padahal para ahli mengatakan bahwa jumlah sperma yang normal antara 40-50. 
 
Tiga dokter India, Director of Assisted Reproduction and Genetics di Jaslok Hospital and Research Centre Dr Firuza R Parikh , Associate Consultant Obstetrician Dr Duru Shah, Gynaecologist & Endoscopic Surgeon and Consultant Gynaecological Endoscopic Surgeon di Hiranandani Hospital Dr. Sandeep Mane mengungkapkan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas dan meningkatkan jumlah sperma, seperti dilansir TimesofIndia, Senin (10/6/2013).
 
1. Berhenti merokok dan alkohol
 
Merokok bisa merusak sperma dan mengurangi umur sprema. Merokok juga dapat menyebabkan perubahan genetik yang mempengaruhi keturunan. Sama halnya dengan alkohol yang bisa menurunkan produksi sperma dan hormon testosteron pada laki-laki.
 
2. Berolahraga secara teratur
 
Latihan fisik yang berlebihan akan berpengaruh negatif pada kesuburan. Menurunkan berat badan dengan diet berlebihan juga menyebabkan testosteron atau estrogen tidak seimbang.
 
3. Makan makanan bergizi
 
Makanan juga memengaruhi kesehatan sperma. Makanlah makanan yang rendah lemak dan tinggi protein, seperti sayuran dan biji-bijian. Penting juga untuk mengurangi asupan kafein.
 
4. Hindari penggunaan berlebihan pelumas karena akan menyebabkan kematian sperma
 
5. Jangan simpan ponsel Anda di saku celana, atau menempatkan laptop Anda di pangkuan Anda. Lindungi testis Anda dari radiasi dan panas.
 
5. Hindari mandi dengan suhu air yang panas. Sesekali boleh mandi uap atau spa.
 
6. Kenakan pakaian longgar.
 
7. Mengurangi tingkat stres dengan belajar teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi.
 
8. Tingkatkan kebugaran fisik dan relaksasi mental untuk meningkatkan kesuburan pria.
 
9. Penggunaan anabolic steroid (tiruan sintetis dari hormon testosteron) harus di bawah bimbingan dokter karena dapat menyebabkan Azoospermia, istilah yang digunakan ketika sperma tidak lengkap.
 
10. Tingkatkan asupan vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E dan Zinc secara teratur. 
 
Vitamin dapat menurunkan tingkat Reactive oxygen species (ROS- Reaktivitas oksigen yang terdapat di air mani). Vitamin membantu pengembangan dan pemeliharaan sperma normal dan menghindari penggumpalan sperma.
 
11. Berhubungan intim secara teratur juga akan mengurangi kemungkinan infeksi dan meningkatkan kesuburan.(rep03)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index