Ditemukan Kerangka Sejoli Berusia 700 Tahun

Ditemukan Kerangka Sejoli Berusia 700 Tahun
Leicester - Sisa-sisa kerangka dua sejoli berumur 700 tahun ditemukan. Para arkeolog menemukan pasangan yang sedang saling menggenggam tangan itu di sebuah makam dalam “kapel yang hilang” di Leicestershire, Inggris.
 
“Sebelumnya kami menemukan kerangka pasangan serupa, yang dikubur dalam satu makam di Leicester,” ujar pemimpin penelitian, Vicki Score, dari University of Leicester Archaeological Services (ULAS), seperti dikutip dari Livescience.com pada Senin, 22 September 2014.
 
Score mengatakan, dua makam ini tak biasa. Penemuan ini sangat mengejutkan lantaran ditemukan di daerah “kapel yang hilang”, yang baru-baru ini juga ditemukan oleh sejarawan lokal. “Penemuan ini dapat membawa kita ke asumsi bahwa pada masa itu kapel tersebut menyediakan fasilitas pemakamam.”
 
Melalui proses radiokarbon, 11 kerangka yang ditemukan berasal dari abad ke-14 Masehi. Mereka dipisahkan berdasarkan arah timur dan barat, seperti tradisi Katolik pada masa itu.
 
Beberapa asumsi dapat diambil terkait dengan makan tersebut, kata Score. Misalnya, kapel yang ditemukan di desa Hallaton, Leicestes, merupakan makam ziarah pada abad ke-14. Atau, ujarnya, pasangan tersebut dimakamkan di kapel dan bukan di gereja utama, Gereja St Morrel, lantaran keduanya mengidap penyakit menular. 
 
Pakar arkeogi ULAS dan masyarakat setempat menghabiskan empat tahun terakhir untuk menggali “kapel yang hilang” di Gereja St Morrel tersebut. Selain kerangka, tim juga menemukan beberapa bukti peninggalan tentara Romawi pada 2.000 tahun lalu di bukit sekitar. 
 
Di puncak bukit misalnya, ditemukan parit berbentuk persegi yang diduga sebagai sisa-sisa kuil pada masa itu. Selain itu, tim juga menemukan tempat tempat besi dengan ribuan koin dan artefak perak, seperti helm kavaleri Romawi.
 
Penggalian sedang berfokus pada penyisiran dinding dan lantai keramik serta potongan-potongan altar, ubin, yang terletak tak jauh dari pemakaman. Di antara reruntuhan, arkeolog juga menemukan beberapa koin perak. Koin yang tertanggal abad 12-16 Masehi, menurut Score, sangat membantu peneliti menentukan masa-masa aktif kapel. (rep01/tco)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index