Lagi, Indonesia Ditahan Yaman Tanpa Gol

 Lagi, Indonesia Ditahan Yaman Tanpa Gol
Sleman-Tim nasional senior Indonesia bermain imbang tanpa gol dalam laga uji coba melawan Yaman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Selasa (9/9) sore. Hasil ini merupakan kedua kalinya timnas gagal mencetak gol pada tujuh laga uji coba di bawah asuhan Riedl. 
 
Meski disokong publik sendiri, skuat Garuda ternyata masih lebih banyak berada dalam tekanan. Dalam pertandingan ini pelatih Indonesia Alfred Riedl memasang cukup banyak pemain lama yang menjadi andalannya saat di Piala AFF 2010 seperti Firman Utina, Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, dan Hamka Hamzah. 
 
Jalannya pertandingan relatif seimbang pada 15 menit pertama. Namun, Yaman yang bermain lebih padu, sukses menebar ancaman pada menit ke-17. Gawang Kurnia Meiga nyaris dibobol oleh tendangan //placing// Al-Asi dari sisi kanan. Beruntung, bola masih membentur mistar gawang. 
 
Timnas masih kesulitan mengembangkan permainan untuk menembus barisan pertahanan Yaman. Firman Utina dan kawan-kawan lebih banyak memeragakan permainan umpan lambung langsung dari lini tengah ke depan. Alhasil, serangan timnas pun sering terbuang sia-sia. 
 
Yaman yang terus mencoba menekan, kembali mendapat peluang pada menit ke-26. Berawal dari umpan silang, Al-Omaisi mendapatkan ruang tembak dari dalam kotak penalti. Beruntung, tendangannya masih mengarah tepat ke pelukan Kurnia Meiga sehingga gagal berbuah gol. 
 
Timnas sebenarnya tidak tinggal diam.  Namun serangan pasukan Alfred Riedl selalu buntu sehingga tidak bisa menciptakan satu pun tembakan mengarah ke gawang pada babak pertama ini. 
 
Di babak kedua, Riedl melakukan cukup banyak pergantian. Di lini serang, Cristian Gonzales ditarik untuk digantikan dengan Samsul Arif. Sedangkan di lini tengah, Riedl memasukkan M. Nur Iskandar dan Ahmad Bustomi menggantikan Firman Utina dan Hariono. 
 
Pergantian ini cukup mendongkrak intensitas serangan timnas. Tapi lagi-lagi, gara-gara buruknya koordinasi, timnas  kesulitan menciptakan peluang berarti. 
 
Sementara Yaman berkali-kali menebar ancaman. Beruntung, penyelesaian akhir Yaman masih buruk sehingga gawang Indonesia masih bersih dari gol. Salah satu ancaman berarti timnas di babak kedua tercipta pada menit ke-84 melalui sepakan jarak jauh Raphael Maitimo yang juga masuk di babak kedua. Tendangan Maitimo melambung tipis di atas mistar gawang Yaman. 
 
Ini merupakan kedua kalinya timnas gagal mencetak gol pada tujuh laga uji coba di bawah asuhan Riedl. Terakhir, timnas gagal mencetak gol saat dikalahkan Kuba dengan skor 0-1 dalam tur Spanyol, Maret lalu. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index