Sosialita

5 Jurus Alami Cegah Kebotakan

Kehilangan rasa percaya diri sering terjadi saat seseorang mengalami kerontokan. Rambut terus menipis dan terancam kebotakan. Tak hanya terjadi di usia paruh baya, kerontokan rambut bisa dialami siapa saja. 
 
Kerontokan dan kebotakan disebabkan banyak hal. Selain kebotakan yang kerap terjadi pada pria atau androgenic alopecia, kebotakan bisa terjadi karena hal lain. Antara lain tata rambut berlebihan, sindroma ovarium polikistik, kekurangan zat besi, penyakit lupus, hipotiroid, dan kerontokan hereditas.
 
Tak perlu khawatir. Ada beberapa perawatan alami yang akan mengurangi kerontokan dan membuat rambut kembali tumbuh subur, seperti dilansir dari Physiotheraphy.
 
Trengguli 
 
Tanaman Cassia auriculata atau yang dikenal dengan tengguli atau trengguli banyak digunakan sebagai pengobatan ayurveda untuk mengobati rambut rontok, diabetes, penyakit hati, infeksi mata dan gangguan saluran kemih.
 
Bunga trengguli meningkatkan produksi insulin, aliran darah di kulit kepala, meningkatkan sirkulasi darah merangsang folikel yang membantu pertumbuhan rambut. Pengobatan digunakan dalam bentuk teh atau sering ditemukan dalam produk perawatan rambut.
 
Bunga kembang sepatu 
 
Bunga kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis membantu pertumbuhan rambut dan membuat pertumbuhannya lebih baik. Untuk memperoleh khasiat anti-kerontokan rambut, hancurkan bunga atau daun kembang sepatu dan campur dengan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala setiap hari untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat.
 
Amla
 
Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan, asupan bumbu khas India ini membantu mencegah kerapuhan dan kerontokan rambut. 
 
Telur
 
Kandungan belerang, protein dan mineral seperti fosfor, zat besi, seng, selenium membuat telur kaya manfaat. Ambil putih telur dan campurkan dengan satu sendok teh menjadi pasta dan oleskan ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10-20 menit lalu cuci dengan shampo.
 
Bawang bombay dan bawang putih 
 
Pijatan lembut dengan jus bawang juga mengobati kebotakan. Kandungan sulfur tinggi membantu meningkatkan sirkulasi darah di folikel rambut, menurunkan peradangan dan meregenerasi folikel.  Antibakteri di bawang membunuh parasit dan infeksi di kulit kepala. Oleskan pasta bawang putih, bawang bombay dengan zaitun atau lidah buaya dan biarkan selama 20 menit. Setelahnya cuci rambut hingga bersih. (rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]