Tenang, Cadangan Anggaran Pemerintah Masih Rp 90 Triliun

 Tenang, Cadangan Anggaran Pemerintah Masih Rp 90 Triliun
Jakarta: Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat Ikhsan Modjo mengatakan potensi jebolnya kuota BBM subsidi pada tahun ini tak perlu dibesar-besarkan. Sebab, pada dasarnya pemerintah masih memiliki anggaran yang bisa digunakan untuk menambal subsidi hingga Rp 90 triliun.
 
"Dalam APBN-Perubahan 2014 itu ada dana cadangan risiko fiskal sekitar Rp 5 triliun, belum lagi kalau bicara Silpa (sisa lebih penggunaan anggaran) yang mencapai Rp 80 - 90 triliun," kata Ikhsan usai diskusi bertajuk Bola Panas BBM, Sabtu 30 Agustus 2014. 
 
Menurut Ikhsan, dari perhitungan PT Pertamina ada potensi kekurangan kuota BBM subsidi sebesar 1,35 - 1,5 juta kiloliter (KL). Untuk menutupi kekurangan tersebut, pemerintah membutuhkan anggaran setidaknya sekitar Rp 8 triliun hingga Rp 10 triliun.
 
Ikhsan mengatakan, dari dana cadangan risiko fiskal saja pemerintah sebenarnya sudah bisa menghimpun dana sebesar Rp 5 triliun. Belum dengan penghematan dari pos lain, misalnya belanja kementerian dan lembaga yang trennya bisa mencapai Rp 2-3 triliun. "Intinya, uangnya ada. Kita enggak butuh naikkan harga BBM."
 
Sebelumnya, Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero), Hanung Budya mengatakan berdasarkan perhitungan Pertamina, potensi over kuota BBM subsidi mencapai 1,35 juta kiloliter (KL). "Kalau pengkitiran dihentikan, sementara kuota tidak ditambah dan kita do nothing, hitungan kami Premium dan Solar habis sekitar Desember," katanya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Rabu, 27 Agustus 2014.
 
Hanung menjelaskan, awalnya tahun ini Pertamina menyalurkan BBM subsidi sesuai amanat APBN 2014 sebesar 48 juta KL. Kuota BBM subsidi tersebut, terdiri atas bagian Pertamin 47,04 juta KL. Belakangan, APBN-Perubahan 2014 memangkas kuota tersebut menjadi 46 juta KL, di mana jatah Pertamina berkurang menjadi 45,35 juta KL. "Rinciannya, Premium 29,29 juta KL, Solar 15,16 juta KL, dan kerosin atau minyak tanah sebesar 900 ribu KL," ujarnya. 
 
Berdasarkan data yang ada, kebutuhan rata-rata Premium yang disalurkan oleh Pertamina hingga akhir Juli mencapai 81.132 KL dan Solar 42.207 KL. Dengan kuota yang tersisa, kuota harian Premium dan Solar masing-masing hanya sebesar 80.240 KL dan 41.452 KL. "Artinya ada defisit kuota yang sangat mengkhawatirkan," ujar Hanung. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index