Apa Sih Untungnya Jadi PNS dan Pegawai Swasta?

 Apa Sih Untungnya Jadi PNS dan Pegawai Swasta?
JAKARTA - Pendaftaran penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah dibuka, dan tentu saja  pekerjaan tersebut tidak pernah sepi peminat. Sehingga setiap kali pendaftaran tersebut dibuka akan dipadati dengan antusiasme masyarakat yang cukup besar.
 
Perencana keuangan, Freddy Pieloor, menilai ramainya masyarakat yang mendaftar ingin menjadi PNS tersebut didasari dengan beberapa faktor. Pertama, lantaran menjadi pegawai negeri akan mendapatkan pekerjaan yang tetap dan berkesinambungan.
 
"Artinya jaminannya sampai dia meninggal sekalipun gajinya kan tetap ada. Lalu juga PNS itu kan kepastiannya jelas, tidak ada PHK, tidak akan bangkrut, dan juga kenaikan jabatannya jelas, jadi tergantung berapa lama kerja pasti ada kenaikan" ujarnya saat dihubungi Okezone di Jakarta.
 
Dia mengatakan, selain faktor-faktor tersebut ada pula faktor yang mendorong masyarakat lebih berminat bekerja sebagai PNS, dengan alasan yang terbilang negatif.
 
"Bagi orang-orang yang berpikir buruk mungkin yang menginginkan kebebasan, di sana itu bisa dibilang kan kerjanya lebih santai, kedisiplinan minim, bila dibandingkan di swasta. Lalu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sana sini yang istilahnya penghasilan becek," jelasnya.
 
Selain itu, dia mengatakan meskipun PNS menawarkan banyak kelebihan, perusahaan swasta juga sesungguhnya memiliki kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan PNS.
 
"Kesempatan lebih luas karena persaingannya lebih dinamis, jadi siapa pun yang memiliki kemampuan lebih dia punya kesempatan untuk naik duluan dibanding yang lama tapi kemampuannya tidak seberapa," katanya.
 
"Jadi bisa belajar bisnis sesungguhnya, lingkungannya dinamis dan tumbuh mentalitas bertumbuh, rata-rata gaji lebih tinggi bisa mencapai kemakmuran bila dibanding PNS yang gajinya sudah ditetapkan sekian," tutupnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index