Ternyata, Pria Juga Bisa Alami Menopouse

Ternyata, Pria Juga Bisa Alami Menopouse
Ternyata menopouse bukan hanya terjadi pada wanita. Kaum pria juga bisa mengalami fluktuasi hormon ini diparuh bayanya. Namun, bentuk menopouse pada pria adalah terjadinya penurunan testosteron secara drastis.
 
Secara teknis, menopouse pada pria dikenal dengan sebutan andropouse dan itu biasanya membuat seorang pria sering merasa lelah dan sangat rewel. Mungkin pria juga akan mengalami kesulitan tidur atau sering murung tanpa Anda sadari.
 
Gairah seks pria yang sudah mengalami andropouse juga tidak sesemangat dulu. Anda bahkan mungkin akan bermasalah dengan disfungsi ereksi.
 
Dilansir dari Share Care, Rabu (20/8), kadar testosteron menurun secara alami seiring dengan bertambahnya usia, rata-rata sekitar satu persen per tahun setelah usia 30 tahun. Pada saat mencapai usia 70 tahun, tingkat testosteron Anda mungkin telah turun setengahnya,
 
Dokter bisa melakukan tes darah sederhana untuk memeriksa kadar hormon Anda. Jika testosteron rendah, maka perubahan gaya hidup yang sehat, termasuk rajin berolah raga dan diet dapat membantu meningkatkannya.
 
Kadar testosteron normal berkisar antara 300 hingga 1.200 ng/dl. Beberapa dokter menyarankan terapi bagi pria yang kadar testosteronnya sudah di bawah 300 ng/dl. (rep01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index