Riau

Operasional Perpustakaan Keliling Ditunda hingga 2014

PEKANBARU-Pustaka keliling bantuan Pemerintah Pusat yang direncanakan akan dioperasikan tahun ini, terpaksa ditunda. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Riau baru akan merealisasikan anggaran mobil hibah tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2014 mendatang.

Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau, Chairul Rizki, melalui Kepala Unit Perpustakaan Daerah Soeman HS, Salmah akhir pekan lalu mengatakan, pihaknya telah mengajukan anggaran untuk operasional mobil pintar tersebut. Namun, hingga kini belum ada respon dari Pemprov Riau.

"Kami sudah mengajukan anggaran untuk operasional mobil pustaka keliling tahun ini, tapi tampaknya belum dapat direalisasikan," katanya.

Dikatakannya, anggaran yang diajukan untuk operasional mobil hibah yang baru diterima Januari lalu sebesar Rp200 juta. Karena itu, untuk operasional mobil tersebut masih menunggu kebijakan Kepala BPAD Riau.

"Mobil ini nantinya akan menyentuh ke daerah pinggiran kota. Selama ini kita sudah punya delapan unit mobil pustakan keliling sebelumnya, tapi diserahkan pengelolaannya ke kabupaten/kota," ujarnya.

Nantinya mobil itu akan memuat seribu eksemplar buku dengan berbagai jenis dan judul. Selain supir, Puswil juga akan menurunkan seoerang petugas pustaka untuk melayani anggotanya. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]