Siap Siaga, 2.000 Personel Polisi Kawal Demo di MK

Siap Siaga, 2.000 Personel Polisi Kawal Demo di MK
Jakarta – Kepolisian menurunkan 2.000 personel untuk menyiagakan aksi unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Jumat ini, 8 Agustus 2014. Polisi menyatakan masih akan ada konsentrasi massa di depan gedung MK bertepatan dengan sidang kedua gugatan sengketa pemilihan presiden 2014.
 
”Jumlah pendemo sekitar seribu orang,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto melalui pesan singkat, Jumat, 8 Agustus 2014. Menurut dia, jumlah massa sebanyak itu terdaftar atas Masyarakat Koalisi Merah Putih.
 
Rikwanto mengatakan sebanyak 2 ribu personel tersebut ditempatkan dalam tiga lokasi, yakni ruang sidang, area gedung MK, dan pelataran jalan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat arah Thamrin menuju Harmoni.
 
Pada Jumat ini, 8 Agustus 2014, merupakan hari kedua sidang sengketa pemilihan presiden dan wakil presiden yang diajukan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Agenda sidang hari kedua adalah mendengarkan jawaban dari pihak termohon, yakni Komisi Pemilihan Umum, pihak terkait seperti Badan Pengawas Pemilu, dan pemeriksaan saksi-saksi dari termohon dan pemohon, yakni Prabowo-Hatta. 
 
Polisi memprediksi konsentrasi massa terjadi beberapa saat setelah sidang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Mahkamah Konstitusi mengagendakan pengesahan bukti pemohon, jawaban termohon, dan keterangan pihak terkait kasus ini.
 
Pantauan Tempo di Mahkamah Konstitusi, puluhan pendukung calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto, yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Dukung (Gardu) Prabowo, menyelenggarakan aksi demonstrasi di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Nomor 6, Jakarta Pusat.
 
Menurut Lisnawati, 62 tahun, relawan Prabowo yang tinggal di Jakarta, aksi demonstrasi ini bertujuan untuk mengingatkan hakim MK agar bisa berlaku jujur dan adil dalam persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun ini. (rep01/tco)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index