Saat Lebaran, Polda Riau Akan Patroli Amankan Rumah Warga

Saat Lebaran, Polda Riau Akan Patroli Amankan Rumah Warga
Pekanbaru - Untuk menciptakan kondisi yang aman terhadap rumah atau lingkungan yang ditinggal mudik saat Lebaran, jajaran Polda Riau menerapkan patroli beranting di seluruh Polsek hingga Polres di Riau. Selain itu, anggota Reserse berpakaian sipil juga diterjunkan untuk melakukan pengamanan di titik keramaian.
 
Kapolda Riau, Brigjen Pol Condro Kirono, Jumat (18/7) mengatakan pihaknya telah siap melakukan pengamanan penuh, tak hanya bagi pemudik, juga pada pemukiman yang ditinggal mudik. "Patroli beranting maksudnya adalah satuan patroli ini bergerak mulai dari setingkat Polsek yang akan patroli di pedalaman komplek dan jalanan perkampungan," ujar Condro.
 
Sedangkan untuk kesatuan Polres, akan dilakukan patroli di jalan lintas antara perkampungan dan pusat perkotaan di setiap Kabupaten. "Sedangkan Polda akan patroli di jalan lintas provinsi dan antar Kabupaten, sehingga akan bersinergi dan ada titik temunya," jelas.
 
Untuk tempat keramaian, sambung Condro, ada anggota Reserse yang tidak berseragam yang akan melakukan pengamanan dengan kode "Kring-kring reserse", yang terjun di tempat-tempat rawan pencurian seperti bank, ATM dan pegadaian.
 
"Semua lini kita gerakan maksimal guna cipta kondisi saat mudik nanti, kita juga mainkan fungsi Binmas untuk terus lakukan sosialisasi," terang Condro.
 
Untuk menghindari tindak kriminalitas dan kejadian yang tak diinginkan, Condro mengimbau masyarakat yang meninggalkan rumahnya saat mudik untuk lebih teliti, dan bekerjasama dengan setingkat pihak RT/RW untuk bersama menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
"Untuk menghindari tindak kriminalitas dan kejadian yang tidak diinginkan yang sering terjadi di saat masyarakat mudik dan meninggalkan rumahnya, kita koordinasi dengan seluruh RT/RW agar rumah yang ditinggalkan dipastikan terkunci dan aman," kata Condro lagi.
 
Selain itu juga dipastikan seluruh perangkat elektronik sudah dikondisikan dengan baik, listrik dan kompor pastikan sudah mati dan dicabut. "Nyalakan saja yang dirasa penting seperti lampu teras. Dan untuk tetangga yang tidak mudik, untuk ikut menjaga kawasan sekitar," pungkas Condro. (rep01/mc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index