NASA: Kami Akan Temukan Kehidupan di Luar Bumi

NASA: Kami Akan Temukan Kehidupan di Luar Bumi
Washington - Ilmuwan dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) yakin, dengan pesawat luar angkasa yang baru dan teleskop yang lebih besar, mereka akan menemukan kehidupan mahkluk asing di luar bumi. Hal ini dikemukakan NASA dalam diskusi publik yang digelar di Washington, Amerika Serikat, Selasa, 15 Juli 2014.
 
NASA mengklaim bahwa mereka akan menemukan kehidupan itu 20 tahun mendatang. "Kami percaya bahwa kami sangat dekat untuk menemukan itu. Teknologi dan ilmu pengetahuan akan membuka kesempatan lebih baik untuk menemukan 'kembaran' bumi dan kehidupannya," kata Sara Seager, profesor ilmu planet dan fisika di Massachusetts Institute of Technology.
 
Seager bergabung pada diskusi panel dengan beberapa ahli terkemuka NASA, termasuk kepala ilmuwan Ellen Stofan dan mantan astronot John Grunsfeld.
 
Misi ini akan menggunakan James Webb Space Telescope buatan ilmuwan NASA John Mather. Proyek tersebut akan dimulai pada 2018 untuk mencari bukti dan tanda-tanda kehidupan di eksoplanet, planet yang berada di luar jangkauan sistem tata surya kita, terdekat. Space Telescope akan mencari adanya gas dalam atmosfer di eksoplanet yang hanya bisa diproduksi jika ada kehidupan. 
 
Dikutip dari Tech Time, Selasa, 15 Juli 2014, Space Telescope terdiri dari 18 cermin heksagonal yang akan bekerja dengan cermin berukuran 6 meter dan diluncurkan di luar angkasa. Dengan cermin itu, yang tiga kali lebih besar dari Hubble Space Telescope, Space Telescope akan jadi yang terbaik dalam melakukan pemantauan. 
 
"Dengan Space Telescope, kami memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menemukan planet lain. Tapi kami tetap memerlukan keberuntungan," kata Seager. 
 
Untuk mendukung misi ini, NASA juga akan meluncurkan Satelit Survei yang akan "mendatangi" planet di eksoplanet pada 2017 mendatang. NASA memprediksi satelit ini akan menelaah sekitar seratus juta planet dalam galaksi Bimasakti yang memiliki kemungkinan menampung kehidupan makhluk lain. (rep01/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index