3.000 Warga Pekanbaru Long March untuk Solidaritas Palestina

3.000 Warga Pekanbaru Long March untuk Solidaritas Palestina

PEKANBARU - Sekitar 3.000 warga Pekanbaru dari pelbagai elemen masyarakat, Ahad sore (13/7/14), melakukan aksi berjalan kaki (long march) dan penggalangan dana untuk solidaritas rakyat Palestina.

Ribuan warga ini berkumpul di halaman Masjid Agung Annur Pekanbaru, kemudian menamakan diri sebagai Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina. Aksi long march itu diawali pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

Setelah itu, beberapa tokoh masyarakat seperti Ketua Muhammadiyah Riau, Irwan Effendi. Ketua MUI Riau Mahdini, Aliadin Koto secara bergiliran menyampaikan pernyataan sikap yang intinya mengecam dan mengutuk agresi militer Israel terhadap rakyat Palestina di wilaya Gaza.

Serangan bombardir itu telah menewaskan ratusan warga Palestina termasuk anak-anak tak berdosa.

Ketua Panitia Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina Dian Sukheri melalui riauterkinicom, menyerukan kepada seluruh masyarakat Riau, organisasi massa, partai politik dan lembaga sosial kemanusiaan terus menggalang bantuan bagi rakyat Palestina, baik berupa materi maupun doa.

"Warga yang berkumpul sore ini, tergabung dalam solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina mengutuk dan mengecam serangan Israel ke Palestina yang menelan korban harta dan jiwa rakyat Palestina," tegasnya.

Ditambahkannya, Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina juga mengecam negara-negara yang mendukung prilaku biadab Israel, di antaranya Amerika Serikat.

Usai pembacaan pernyataan sikap itu, ribuan warga Riau untuk Solidaritas Palestina lalu long march dari halaman Masjid Agung Annur menuju Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Cut Nyak Dien-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Gajahmada-Jalan Diponegoro dan kembali ke halaman Masjid Agung Annur di Jalan Hang Tuah Pekanbaru.(rep05/rtc) 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index