Tiga Nama Ini Jadi Kandidat Kiper Terbaik Piala Dunia

 Tiga Nama Ini Jadi Kandidat Kiper Terbaik Piala Dunia

Tiga kiper Manuel Neuer, Keylor Navas, dan Sergio Romero masuk dalam nominasi FIFA Golden Glove, sebagai kiper terbaik sepanjang gelaran Piala Dunia 2014.

Dari tiga kiper tersebut, Neuer dan Romero akan saling berhadapan di final, yang mempertemukan Jerman melawan Argentina. Sementara, Navas mengantarkan Kosta Rika sampai ke babak perempatfinal.

Neuer tampil reguler di enam pertandingan Jerman sejak babak fase grup sampai semifinal. Penampilan kiper milik Bayern Muenchen ini mengundang pujian saat melawan Aljazair di 16 besar. Saat itu, Neuer berperan sebagai kiper libero.

Sementara kiper andalan Argentina, Sergio Romero, mampu menjaga gawangnya dari kebobolan di empat laga. Kiper milik Sampdoria yang dipinjamkan ke AS Monaco ini mampu mementahkan tendangan penalti Ron Vlaar dan Wesley Sneijder saat Argentina menang lawan Belanda di semifinal, melalui adu tendangan penalti.

Sedangkan penjaga gawang Kosta Rika, Keylor Navas, tampil ciamik dua kali tanpa kebobolan di Grup D padahal Kosta Rika tergabung bersama tim kuat Italia, Inggris dan Uruguay. Navas jadi pahlawan saat adu penalti melawan Yunani di babak 16 besar, dan memblok beberapa peluang emas Belanda di perempatfinal.

Sebelumnya, nama kiper Meksiko Guillermo Ochoa sempat diprediksi masuk nominasi. Kiper Amerika Serikat, Tim Howard juga tidak masuk dalam nominasi. Padahal, Howard memecahkan rekor 16 kali penyelamatan dalam satu pertandingan, kala AS ditekuk Belgia di babak 16 besar.

FIFA Technical Study Group akan mengumumkan siapa pemilik Sarung Tangan Emas ini usai laga final, setelah melakukan penilaian dari pilihan pelatih dan pengamat sepakbola. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index