Kata LSI: Orang Minang, Sunda dan Betawi Pilih Prabowo

 Kata LSI: Orang Minang, Sunda dan Betawi Pilih Prabowo
Jakarta - Hasil exit poll yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia menunjukkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa unggul di tiga suku bangsa di Indonesia. Ketiga suku bangsa itu adalah Sunda, Betawi, dan Minang.
 
Berdasarkan penelitian cepat di tempat pemungutan suara itu, Prabowo-Hatta mendapat 50,4 persen di suku Betawi. Adapun Joko Widodo dan Jusuf Kalla hanya dipilih 17,3 persen orang Betawi.
 
Di kalangan suku Sunda, masih menurut LSI, Prabowo-Hatta dipilih 46,6 persen pemilih. Angka ini hampir dua kali lipat pemilih Jokowi-Kalla yang sebesar 25,8 persen. Adapun di kalangan suku Minang, Prabowo-Hatta dipilih 52,6 persen berbanding 15 persen untuk Jokowi-Kalla.
 
Jokowi-JK memperlihatkan keunggulannya di suku Jawa. Di kalangan suku bangsa terbesar di Indonesia itu, Jokowi-Kalla dipilih 43,6 persen atau lebih besar ketimbang Prabowo-Hatta yang meraup 30,8 persen. 
 
LSI melakukan exit poll dengan mewawancarai 8.000 orang di 2.000 tempat pemungutan suara.
 
Dari sisi pendidikan, Jokowi unggul di segmen masyarakat berpendidikan SMP ke bawah. Pada masyarakat lulus SD Jokowi unggul 43,1 persen berbanding 34,1 persen. Prabowo unggul di kalangan menengah berpendidikan yaitu lulusan perguruan tinggi yaitu 41,9 persen berbanding 32,4 persen.
 
Lingkaran Survei Indonesia mengumumkan Jokowi-Kalla sebagai pemenang pada pemilihan presiden 2014 melalui metode hitung cepat. "Selamat datang presiden Jokowi dan calon wakil presiden Jusuf Kalla," kata Direktur LSI Denny JA, Rabu, 9 Juli 2014. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index