Lebaran, Penyeberangan Air Putih Diperkirakan Terjadi Antri Panjang

 Lebaran, Penyeberangan Air Putih Diperkirakan Terjadi Antri Panjang
Bengkalis-Meskipun adanya penambahan armada atau kapal sebanyak lima unit melayani rute dari dan ke penyeberangan Air Putih (Bengkalis)-Sei. Selari (Pakning), diprediksi tidak mampu menghindari antrean berjam-jam pada saat jelang dan memasuki Hari H Lebaran Idul Fitri 1435 H/2014 M mendatang.
 
Hal itu disebabkan dermaga (pelabuhan) terutama jembatan (jeti) hanya tersedia satu arah baik masuk maupun keluar kendaraan. “Seperti tahun sebelumnya, kapal sampai lima unit, nyatanya antre berjam-jam tetap terjadi. Pelabuhan hanya ada satu, walau kapal ditambah, tidak akan mampu mengurai antrean panjang,” ujar Suryadi, salah seorang warga Bengkalis kepada wartawan, Kamis (3/7/14) kemarin.
 
Suryadi menambahkan, masyarakat yang akan menyeberang ke Pulau Bengkalis atau ke Daratan Sumatera harus antre berjam-jam dan sepanjang kiloanmeter. “Persoalan ini yang menjadi salah satu alasan, orang malas berlebaran ke Bengkalis. Karena lamanya antre di Pelabuhan Roro,” katanya lagi.
 
Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Ja’afar Arief melalui Kabid Darat Asnurial mengatakan, sampai saat ini belum ada langkah-langkah atau keputusan pasti untuk menangani antrean saat lebaran mendatang.
 
“Antrean itu sepertinya hampir bisa dipastikan akan kembali terjadi, karena walau kapalnya banyak tapi jetinya hanya satu. Namun, begitu ada upaya yang bisa kita lakukan, seperti menggesa proses bongkar muat dan jam tempuh kapal,” ujar Asnurial.
 
Upaya lain Asnurial mengatakan, tidak diberlakukan jadwal keberangkatan ke penumpang, yaitu ketika penumpang sudah masuk ke kapal langsung diberangkatkan, tidak mesti menunggu jadwal atau jam berangkat. “Dua upaya ini belum menjadi keputusan,” imbuhnya.(rep05/rtc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index