Empat Perenang Melaju ke Olimpiade Remaja

Empat Perenang Melaju ke Olimpiade Remaja
Jakarta - Empat perenang Indonesia dipastikan akan berangkat ke Olimpiade Remaja 2014 yang akan berlangsung di Nanjing, Cina, 14-27 Agustus 2014. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia, Heru Purwanto, menyebut keempat perenang junior itu adalah Ricky Angga Wijaya (turun di nomor 100 m dan 200 m gaya punggung), Muhammad Hamgari (200 m gaya kupu-kupu), Monalisa Lorenca (200 m gaya kupu-kupu putri), dan Ilham Ahmad (200 m gaya dada). 
 
Keempatnya mendapatkan tiket menuju Olimpiade Remaja setelah memenuhi batas waktu di tiga kejuaraan berbeda pada tahun ini, yaitu Singapura Open, Malaysia Open, dan SEA Championship. "Bagi kami ini kemajuan sebab di olimpiade sebelumnya hanya satu perenang yang lolos," kata Heru, Selasa, 1 Juli 2014. 
 
PRSI, kata Heru, tidak memasang target berlebih kepada empat anak binaannya. Ia berharap anak asuhnya bisa memperbaiki catatan waktu di olimpiade nanti. "Peluang terbesar ada pada Ricky. Semoga dia bisa sampai final," ucapnya. 
 
Pada kesempatan terpisah, pelatih pemusatan latihan nasional renang Albert Susanto mengatakan persiapan para atlet sudah matang. Menurut dia, dua dari empat perenang, Hamgari dan Monalisa, memang dipersiapkan jauh-jauh hari untuk Olimpiade Remaja. 
 
Adapun untuk Ricky yang sudah lama bergabung dalam pelatnas memang dipersiapkan untuk Asian Games. "Jadi, kalau untuk persiapan sudah matang karena mereka berlatih bersama perenang senior," kata Albert. 
 
Albert mengatakan saat ini program latihan keempat perenang sudah masuk pada tahap persiapan khusus. Pelatih pun sudah memfokuskan porsi latihan keempat perenang pada nomor dan spesialisasi perenang. 
 
Senada dengan Heru, Albert menuturkan persaingan cabang olahraga renang di olimpiade remaja terbilang ketat. Pada olimpiade sebelumnya yang digelar di Singapura empat tahun silam, untuk mencapai partai final saja Indonesia harus berjuang keras di babak penyisihan.
 
Oleh sebab itu, Albert tidak memaksakan kepada anak asuhnya untuk membawa pulang medali. "Berjuang sebaiknya saja. Semoga bisa memecahkan catatan waktu terbaik mereka," kata dia. (rep01/tpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index