Pemkab Rohil Siapkan Master Plan Wisata Pedamaran

Pemkab Rohil Siapkan Master Plan Wisata Pedamaran


BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mempersiapkan master plant obyek wisata Pulau Pedamaran untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah itu. Bahkan, investor asal negara Cina sudah melakukan penandatanganan MoU pengelolaan Pulau Pedamaran yang akan dijadikan obyek wisata unggulan.

Hal ini disampaikan Sekda Rohil, Drs H Wan Amir Firdaus M Si baru-baru ini. "Investor dari Cina itu kan sudah datang berkunjung di Rohil. Daerah yang dikunjunginya adalah Pulau Pedamaran dan kawasan industri di Kecamatan Sinaboi dan Gugusan Kepulauan Aruah yang ada di perairan kecamatan Pasir Limau Kapas. Bahkan kita sudah melakukan MoU pengelolaan obyek wisata unggulan ini. Semuanya sudah disiapkan hingga master plant-nya," ungkap Wan Amir Firdaus.

Tindaklanjut dari peninjauan itu, tambah Amir Firdaus, terus dilakukan. Salah satu diantaranya yakni telah menandatangani kesepakatan bersama yang tuangkan dalam bentuk MoU. :Dalam MoU itu, invetor itu diberikan waktu selama sekitar enam bulan untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Pulau Pedamaran itu. Ini dilakukan mengingat Pulau Pedamaran itu memang dipersiapkan sebagai kawasan wisata terpadu. Setelah rumusannya selama enam itu selesai, segera diprosesntasekan kepada kita. Dari situ nanti, kita bakal tahu apa saja yang bakal diprogramkan di Pulau Pedamaran itu," jelasnya.

Kondisi serupa, lanjut Wan Amir, bakal sama dengan rencana pembangunan yang dipusatkan di daerah kawasan industri yang ada di wilayah Kecamatan Sinaboi. "Untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Kecamatan Sinaboi termasuk menyediakan kawasan industri itu, sudah barang tentu harus disiapkan fasilitas sarana dan prasarana pendukungnya. Salah satu diantaranya yakni infrastruktur seperti pelabuhan. Berdasarkan ketentuan yang ada, pihak swasta dimungkinkan untuk mengelola pelabuhan. Infrastruktur lain yang harus dilengkapi yakni jalan, jembatan, listrik dan air. Sama kita, apakah kita mau membangun rumah sementara jalan maupun jembatan termasuk air dan listriknya tidak ada. Tapi, kalau jembatan maupun jalan serta listrik dan air sudah ada, dengan sendirinya, orang berdatangan untuk membangun rumah," rincinya.

Dirinya menjelaskan, Kabupaten Rohil memiliki banyak potensi di bidang wisata yang tersebar di semua daerah yang belum dikembangkan dan dioptimalkan. Salah satu wisata alam tersebut yakni terdapat di wilayah Kecamatan Pujud maupun Kecamatan Tanahputih serta Kecamatan Pasirlimau Kapas dan kecamatan lainnya.

"Memang masih banyak potensi yang bisa dioptimalkan menjadi lokasi wisata alam yang tersebar di semua daerah yang ada di Rohil ini. Hanya saja, untuk mengoptimalkannya perlu dukungan dan peran serta dari pihak ketiga yakni kalangan investor. Intinya, kami dari Pemkab membuka diri dan memberikan kemudahan bagi kalangan investor yang berminat menanamkan investasinya di Rohil ini," urainya. (najib)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index