Konsep Triple Helix Hatta Dinilai Tak Baru

Konsep Triple Helix Hatta Dinilai Tak Baru
Jakarta - Deputi Bidang Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi Freddy Permana Zen mengatakan konsep Triple Helix yang dikemukakan calon wakil presiden nomor urut 1, Hatta Rajasa, dalam debat tadi malam bukan hal baru. 
 
Menurut Freddy, konsep tersebut sama dengan sinergitas ABG, yakni Academician, Bussines, dan Government. "Konsep ini sudah lama, mengadopsi dari asing," kata Freddy ketika dihubungi, Senin, 30 Juni 2014.
 
Freddy mengatakan konsep Triple Helix alias ABG tak kunjung sukses diterapkan di Indonesia. Penyebabnya, kata dia, belum optimalnya belanja sains dan teknologi lantaran kekurangan dana program-program penelitian dan pengembangan yang dicanangkan tidak berjalan maksimal.
 
Ada tiga hal yang dapat dilakukan untuk membangun Triple Helix dengan peran masing-masing. Freddy menjelaskan pemerintah berperan sebagai pembuat regulasi dan melaksanakan sosialisasi. Adapun akademisi bertugas membuat penelitian dan mengeluarkan produk inovasi terbarunya.
 
Industri atau pebisnis, katanya, berperan untuk menyokong dana. Sayangnya, peran dari industri sangat kecil sehingga Triple Helix yang sudah dicanangkan Komite Inovasi Nasional tidak berjalan. Freddy menunjuk badan usaha milik negara atau swasta yang potensial menjadi pendonor. 
Minimnya peran pebisnis dalam menguatkan Triple Helix disebabkan belum adanya insentif dari pemerintah. Menurut dia, pemerintah seharusnya membuat kebijakan agar para pemain industri itu mau mendanai sejumlah inovasi dari anak negeri.  
 
Sebab, bila mengandalkan anggaran negara tidak akan mencukupi. "Dana riset itu di negara mana pun pasti kecil. Hanya 1 persen dari APBN. Sedangkan Triple Helix butuh biaya besar. Kalau berharap pada APBN bisa jebol," kata Freddy.
 
Dalam debat calon wakil presiden kemarin malam di Hotel Bidakara, Hatta Rajasa memaparkan konsep Triple Helix untuk menggairahkan iklim inovasi nasional. Konsep ini diklaim bisa membangun sinergitas lembaga pendidikan, riset, dan industri. Pertama adalah dengan membuat kebijakan yang memihak terhadap pendidikan. Kedua, dengan mendorong perusahaan asing dan lokal untuk membiayai riset. Ketiga, insentif pajak untuk membangun kewirausahaan. (rep01/tpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index