Time Persoalkan Video Nazi Ahmad Dhani

Time Persoalkan Video Nazi Ahmad Dhani
Jakarta - Majalah berita Time, mempersoalkan video kampanye bertema Nazi yang dibuat musikus Ahmad Dhani. Melalui tulisan daring yang terbit Rabu, 25 Juni 2014, Time memasukkan material kampanye untuk calon presiden Prabowo Subianto itu ke dalam kategori buruk.
 
"Video Nazi Indonesia ini merupakan salah satu bahan kampanye terburuk yang pernah ada," kata jurnalis Time, Yenni Kwok, dalam judul tulisannya.
 
Tulisan itu menyitir tanggapan sejumlah pihak ihwal video Ahmad Dhani. Time mengutip sutradara Daniel Ziv yang menyebut video tersebut menghidupkan citra Nazi di dunia perpolitikan Indonesia. Lainnya, Time menyebutkan reaksi media Jerman, Der Spiegel, yang menyebut kostum yang digunakan Ahmad Dhani meniru seragam Komandan SS (Schutzstaffel)--pasukan khusus Nazi--Heinrich Himmler.
 
Video Ahmad Dhani juga menimbulkan kontroversi lain ihwal perizinan. Adalah gitaris band Queen, Brian May, yang mengkritik penggunaan lagu "We Will Rock You" dalam video itu. Lagu tersebut diciptakan Brian untuk album "News of The World" yang dilempar ke pasar pada 1977. "Ini tidak mendapat izin dari kami," ujar pemusik yang juga menyandang gelar doktor bidang astrofisika itu. 
 
Time juga mencuplik rekaman wawancara Prabowo dengan jurnalis Amerika, Allan Nairn. Melalui tanya-jawab pada 2001 itu, Prabowo mengatakan siap menempuh risiko termasuk dianggap sebagai diktator fasis seperti Jenderal Pervez Musharraf yang melakukan kudeta di Pakistan pada 1999. 
 
Ihwal tekad Prabowo ini ditanggapi sinis oleh Time. "Semoga Indonesia tak berkesempatan merasakannya," tulis Kwok. (rep01/tpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index