Survei Gallup yang Sebut Prabowo Unggul Ternyata Palsu

Survei Gallup yang Sebut Prabowo Unggul Ternyata Palsu
JAKARTA - Lembaga survey terkemuka Amerika Serikat, Gallup Poll, mengumumkan hasil survei mereka terhadap pasangan kandidat calon presiden/wakil presiden Indonesia. Namun, belakangan diketahui hasil survei yang dipublikasikan di www.Ireport.cnn.com pada Selasa (24/6) tersebut ternyata palsu. 
 
Dari hasil survei Gallup Indonesia Poll yang berlangsung 10-21 Juni, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengungguli pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dengan hasil 52 persen berbanding 41 persen. Dalam survei itu, suara Prabowo unggul di semua wilayah Indonesia kecuali Sulawesi. 
 
Menurut Gallup, di Jawa Prabowo unggul 52-43 atas Jokowi. Kemudian di Sumatra unggul 55-39 atas Jokowi. Di Kalimantan unggul 47-45 sementara di Sulawesi Jokowi-JK unggul tipis 46-45 atas Prabowo-Hatta. Di Lombok, Bali, NTT Prabowo juga unggul 56-38 atas Jokowi dan di Papua, Maluku kembali unggul 51-38 persen.
 
Gallup mensurvei dua jenis responden pada jangka waktu yang sama. Pertama, mereka mensurvei 1.220 responden via telepon dengan margin error empat persen. Kemudian, survei kedua via telepon dilakukan pada 10-15 Juni dan 21 Juni kepada 2.536 pemilih terdaftar. (rep01/rpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index