Pagelaran Silat Pangean Diapresiasi Pemkab Kuansing

Pagelaran Silat Pangean Diapresiasi Pemkab Kuansing
Bupati Kuansing Drs. Mursini, M.Si saat menghadiri Pagelaran Silat Pangean

RiauDaily.com - Pangean - Pemkab Kuansing mengapresiasi Pagelaran Silat Di Desa Pembatang - Padang Kunik Kecamatan Pangean, Senin Siang (06/08). Hadir Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si dan Sekda Dr. Dianto Mampanini, SE,.MT bersama Staff Ahli, sejumlah Kepala OPD, Kabag Umum H. M. Saleh, S.Sos,.MM dan Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Kuansing Drs. Muradi, M.Si.

Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si dalam sambutannya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara yang telah berupaya dan berinisiatif melaksanakan Acara Pembukaan Laman Pandekar Silat Malin (Datuak Baromban Bosi) di Desa Pembatang -Padang Kunik Kecamatan Pangean ini.

"Saya atas nama Pemerintah Kuansing, hari ini patut berbangga hati dapat bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat Desa Pembatang - Padang Kunik Kecamatan Pangean dalam nuansa kebersamaan dan penuh kekeluargaan.", Ungkap Bupati Mursini.

Bupati Mursini berharap, pelaksanaan acara ini akan menjadi suatu bentuk usaha mempertahankan budaya leluhur yang dimiliki oleh Kabupaten Kuantan Singingi.

"Tidak semua orang bebas mempelajari Gerakan Silat Pangean ini. Silat Pangean yang dikenal dengan geraknya yang lembut juga gemulai, namun setiap gerakannya menyimpan efek yang mematikan". Terang Bupati.

Dengan dibukanya Laman Silat di masing-masing banjar, para guru Silat Pangean memberi izin untuk murid baru yang ingin belajar Ilmu Silat Pangean. Tetapi ada syarat terlebih dahulu harus dipenuhi oleh sang murid. Syarat itu berupa berani patah, berani buta, berani mati dan berani berutang.

Maksudnya adalah dipatahkan hati terhadap yang tidak baik, dibutakan pemikiran terhadap kejahiliyahan, dimatikan hati untuk tidak berbuat keburukan, memberhentikan yang dilarang dan menjalankan kebaikan. Dan setiap persyaratan ini sesuai dengan ajaran islam.

Usai acara ini, Bupati Mursini dan Sekda Dianto Mampanini melayat kerumah duka Kepala Desa Teluk Pauh Kecamatan Pangean sekaligus melaksanakan Shalat Jenazah.***

##wisata

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index