Kodim 0320/Dumai Gelar Rakor Penanggulangan Karlahut

Kamis, 02 Agustus 2018

Dandim 0320/Dumai selaku Dansatgas Letkol Inf Horas Sitinjak SIP memimpin rakor penanggulangan karlahut.

Dumai, RiauDaily.Com - Kodim 0320/Dumai menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) penanggulangan karlahut di Ruang Yudha Makodim 0320/Dumai.

Rakor tersebut langsung dipimpin Dandim 0320/Dumai selaku Dansatgas Letkol Inf Horas Sitinjak SIP.   

Kegiatan ini dihadiri Walikota Dumai diwakili Sekda Kota Dumai Ir M Nasir, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan, Danlanal diwakili Pjs Pasminlog Lanal Kapten (P) Indra Gunawan, Dansatradar 232 Dumai Letkol Lek Chandra Kirana, Danden Arhanud Rudal 004 diwakili Pasi Ops Kapten Arh Candra, Kasdim 0320/Dumai Mayor Inf Hasan Ibrahim, Dankipan A Yonif 132/BS diwakili Danton 1 Kipan A Letda Inf Irwansyah, Kepala BPBD Tengku Ismed, Pasiop Kodim 0320/Dumai, Pasi Ter Kodim 0320/Dumai dan Kadalops Manggala Agni Dumai.

Pada kesempatan ini Dandim 0320/Dumai selaku Dansatgas Letkol Inf Horas Sitinjak SIP memaparkan konsep penanggulangan karlahut di Koto Dumai baik secara struktural. Di antaranya  water bombing, Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)/hujan buatan, bloking kanal dan non struktural melalui sosialisasi dan patroli di daerah rawan kebakaran. 

Dimana daerah yang rawan dengan karlahut di antaranya Kecamatan Dumai Timur, Dumai Barat, Dumai Selatan, Bukit Kapur, Medang Kampai dan Sungai Sembilan.

"Untuk itu kita akan menempatkan personel di daerah tersebut baik dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat guna memantau dan menjaga dari kebakaran. Dalam kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mencegah terjadi karlahut di wilayah Kota Dumai dalam rangka menyukseskan event besar yaitu Asean Games ke-18 di Jakarta dan Palembang yang direncanakan diikuti 45 negara di kawasan Asia," papar Dandim 0320/Dumai.

Sedangkan Pemko Dumai diwakili Sekda Kota Dumai Ir M Nasir menyampaikan, Pemko Dumai siap mendukung  untuk menyukseskan event besar yaitu Asean Games ke-18 di Jakarta dan Palembang. Dalam hal ini penanggulangan karlahut di Koto Dumai. Dimana ini sudah merupakan instruksi dari Kemendagri, khususnya para kepala daerah Sumsel dan Jakarta untuk mendukung suksesnya hajatan tersebut. Dan tak hanya di Sumsel dan Jakarta, tapi seluruh rakyat Indonesia harus mendukung suksesnya Asian Games.

"Ini jadi pertaruhan citra bangsa Indonesia di mata dunia Internasional," ujar Sekda.

Kegiatan Rapat koordinasi dalam rangka penanggulangan karlahut dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Untuk menindak lanjuti kegiatan ini, akan digelar rapat lanjutan pada minggu ini  juga.(*/ron)