Basko: Menjadi Kewajiban Orang Minang Menangkan Andi Rachman

Jumat, 22 Juni 2018

Pembacaan deklarasi disaksikan langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan Ketua Umum IKMR Basrizal Koto, di Hotel Grand Central, Pekanba

Pekanbaru, Riaudaily.com - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), Ikatan Keluarga Wanita Minang Riau (IWMR), dan Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) se-Provinsi Riau, telah mengeluarkan pernyataan sikap mendukung dan memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 4, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (AYO), pada Pemilihan Gubernur Riau pada 27 Juni 2018 nanti.

Deklarasi dukungan tersebut dibacakan langsung oleh ketua IKMR 12 Kabupaten Kota, dari IKMR wilayah daratan dan IKMR wilayah pesisir. Pembacaan deklarasi disaksikan langsung oleh Gubernur Riau yang sedang cuti kampanye, Arsyadjuliandi Rachman, dan Ketua Umum IKMR Basrizal Koto, di Hotel Grand Central, Pekanbaru, Kamis (21/06/2018) malam.

“Dengan ini IKMR se-RiauPesisir dan IKMR se-Riau Daratan mendukung dan memilih Bapak Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA sebagai Gubernur Riau periode 2019-2024 pada Pilgubri 2018. Semoga Allah SWT mengabulkan tekad, perjuangan, dan harapan kita demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Riau. Amin!' ucap 12 ketua IKMR Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Ketua Umum IKMR Basrizal Koto dalam sambutannya mengatakan, sudah menjadi kewajiban orang Minang untuk memenangkan calon Gubernur Riau nomor urut 4, Arsyadjuliandi Rachman pada Pilgubri 2018. Gubernur petahana yang akrab dipanggil Andi Rachman itu termasuk pendiri IKMR dan saat ini sebagai Ketua Dewan Penasihat IKMR.

“Saciok bak ayam, sadanciang bak basi, dek basamo mako kan jadi. Dari hasil rapat yang dibacakan IKMR pesisir dan daratan menyatakan sikapnya. Melihat mendengar dan mengatasi, IKMR memiliki kepentingan memenangkan Ketua Dewan Penasihat IKMR, Andi Rachman sebagai Gubernur Riau dua periode, lanjutkan,” kata Basrizal Koto.

Basrizal Koto yang akrab di panggil Basko ini, menegaskan bahwa tidak mungkin orang Minang memilih calon yang lain selain dari orang Riau keturunan minang, yakni Andi Rachman. Bahkan, kata Basko, nama IKMR juga dicetuskan oleh almarhum Tenas Effendi, yang juga tokoh Melayu Riau, yang menginginkan orang Minang di Riau merupakan orang Melayu.

“Nama IKMR juga didapat dari almarhum Tenas Effendi, dan Andi Rachman termasuk pendirinya. Jadi setelah hasil deklarasi ini, langsung disampaikan ke dunsanak, keluarga Ninik mamak, dan kepada orang lain. Kalau masih ada orang Minang ada yang minta tolong, harus ditolong kapado dunsanak Ninik mamak, untuk menyampaikan. Jangan sampai takicuah di nan tarang. Ini ketua IKMR hanya dalam waktu seminggu hadir, semuanya militan terhadap calon nomor 4,” kata Basko.

“Orang IKMR ada berbagai macam partai dan bermacam warna, tapi IKMR berhak menentukan siapa yang dipilih. Jangan sampai dikendalikan oleh orang lain, suku Minang menjadi kehormatan kita, dan termasuk dukungan dengan suku masyarakat yang lain, yang ada di Riau,” tegas Basko.

Sementara itu, calon Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersukur atas pernyataan sikap yang disampaikan oleh IKMR se-Provinsi Riau, termasuk IWMR dan IPMR se Provinsi Riau. Dan ini menjadi suatu kehormatan bagi dirinya yang didukung penuh oleh IKMR. “Deklarasi yang dibacakan suatu kehormatan, dan saya mengembalikan kepada IKMR, IWMR, dan IPMR untuk pilihan sesuai dengan yang telah di deklarasikan,” kata Andi Rachman.

Andi Rachman mengatakan, ia akan segera menyampaikan apa yang telah dilakukannya setelah menjabat sebagai Gubernur Riau dalam 2,5 tahun ini. Dan ke depan untuk melanjutkan pembangunan ia juga menyampaikan apa yang sudah dibangun dan apa yang akan dilanjutkan pembangunan.

Hadir pada acara deklarasi IKMR, IWMR, dan IPMR, seluruh pengurus IKMR Riau, dan Kabupaten Kota, sampai ke-Kecamatan, dan tercatat ada sebanyak 51 IK yang hadir pada acara deklarasi. Pada acara tersebut juga menghadirkan artis kondang dari ranah Minang Ratu Sikumbang. (rls)