Dandim 0301: Jangan Jadi Pengkhianat Bangsa!

Rabu, 18 April 2018

Dandim 0301 Pekanbaru, Letkol Inf Andri Sulistiawan SSos, memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Selasa

Pekanbaru, Riaudaily.Com - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0301 Pekanbaru, Letkol Inf Andri Sulistiawan SSos, memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Selasa (17/04/2018)

Dalam amanatnya, Dandim menyampaikan, dalam era reformasi ini permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia sangat kompleks berbagai dimensi perkembangan global, regional dan nasional telah berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Bila perkembangan tersebut tidak dihadapi dengan sikap arif dari seluruh unsur bangsa, maka akan dapat mengarah pada terjadinya disintegrasi bangsa. Untuk itu diperlukan sikap dari seluruh unsur bangsa agar tidak mudah terpancing oleh berbagai isu yang saat ini berkembang dikalangan masyarakat yang dapat berpengaruh negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa," kata Dandim.

Ditambahkan Dandim, Peringatan Hari Kesadaran Nasional ini merupakan upaya peningkatan disiplin sebagai abdi negara dan abdi masyarakat serta untuk mengevaluasi hasil kegiatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

"Kita bukan hanya mengikuti upacara bendera, akan tetapi kita tetap menghormati perjuangan Pahlawan dan menjadi komponen pertahanan bangsa. Dan kita disini semua bisa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, jangan ada pengkhianat bangsa. Sebelum mengakhiri amanat saya ini, saya berharap agar upacara ini bukan sekedar penghormatan kepada bendera saja. Akan tetapi, ambillah makna dari penghormatan kepada bendera tersebut sehingga tertanam rasa cinta diri kita kepada tanah air, bangsa dan negara Indonesia," jelas Dandim.

Dandim berharap kepada bapak-bapak untuk bisa berubah apabila keluar dari sini menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat," harap Dandim Pekanbaru dihadapan Warga Binaan Rutan Sialang Bungkuk kelas II B Pekanbaru.

Pasi Ops Kodim Pekanbaru Kapten Arh Nirzam S Sos kepada wartawan menambahkan, personel Kodim Pekanbaru yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 20 personel. Sementara itu, Karutan Azhar mengatakan sangat senang atas kedatangan Dandim Pekanbaru.

"Kami sangat senang sekali bapak Dandim berkenan berkunjung sekaligus menjadi Inspektur Upacara pada Hari Kesadaran Nasional di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru," kata Karutan.(*/ron)