Lagi, Olimpiade Sains Biologi SMP-SMA Digelar di UR

 Lagi, Olimpiade Sains Biologi SMP-SMA Digelar di UR
Pekanbaru-Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau kembali mengadakan Olimpiade Sains Biologi SMP-SMA se-Riau Menuju Pekan Raya Biologi.
 
Olimpiade ini merupakan wadah untuk meningkatkan daya saing siswa yang berkualitas dan mengimplementasikan pendidikan yang bukan hanya berorientasi pada intelektual saja, melainkan menyeimbangkan antara ketiga ranah kognitif. 
 
Ketua Prodi Pendidikan Biologi Universitas Riau Yuslim Fauziah Sabtu, mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas para siswa SMP dan SMA se-Riau dan tentunya dapat menunjang kreativitas mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Cashter Furqan selaku Ketua pelaksana, menurutnya kegiatan yang sudah berjalan secara  continue dari tahun 2004 ini akan dipersiapkan menjadi Pekan Raya Biologi (PRB) sebagai penyempurnaan dari kegiatan OSB.
 
Cabang yang akan diperlombakan yaitu Uji Kompetensi Laboratorium (UKL), Uji Kompetensi Tertulis (UKT), Cepat Tepat (CT), Bio Expo School Competition, Mading 3D, Lomba Fotografi, Lomba Melukis dan Lomba Karya Tulis Remaja (LKTR) dan Poster Ilmiah. 
 
Melalui kompetisi ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi siswa untuk menunjukkan dan mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik dan social skill-nya serta dapat menjadi suatu indikator dalam mengoptimalkan peserta didik untuk berfikir secara saintifik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan yang relevan dengan tuntutan era globalisasi.
 
Olimpiade Sains Biologi juga mengadakan seminar pendidikan dan lokakarya. Tema yang diakan diangkat dalam seminar pendidikan yaitu “Assesmen Autentik pada Pembelajaran Biologi untuk Mencapai Standar Penilaian pada Standard Nasional Pendidikan”, sedangkan tema untuk lokakarya “Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Biologi”.
 
Assesmen merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap siswa yang meliputi segala aspek. Penilaian merupakan tugas wajib seorang guru.  Guru dituntut mampu melaksanakan penilaian secara autentik yang mencakup sikap, keterampilan dan pengetahuan siswa selama proses pembelajaran.Hasil penilaian secara umum akan mempengaruhi kualitas pendidikan dan secara khusus akan mempengaruhi kualitas guru, siswa dan sekolah.
 
Seminar dan Lokakarya ini terbuka untuk umum. Bagi sekolah yang berminat untuk mengikuti Olimpiade Sains Biologi serta Seminar dan Lokakarya dapat langsung mengunjungi stand pendaftaran di FKIP Biologi Universitas Riau atau website panitia di http://osbfkipbiounri.wordpress.com. (rep05/ant)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index