Balthasar Kambuaya Tinjau MPA Sepahat dan Tanjung Leban

Dibaca: 409 kali  Selasa,22 April 2014 | 12:13:00 WIB

Balthasar Kambuaya Tinjau MPA Sepahat dan Tanjung Leban
Ket Foto :

Riaudaily.com, BUKITBATU - Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Prof Balthasar Kambuaya, Senin (21/4/2014), secara mendadak turun mengecek kesiapan Masyarakat Peduli Api (MPA), BPBD-Damkar dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Sinar Mas Forestry, terkait musim kemarau panjang yang diprediksi terjadi Mei hingga Juni mendatang. Sidak ini sebagai bentuk tanggung jawab Menteri Lingkungan Hidup untuk mengecek kesiapan di lapangan guna menghindari terjadinya kebakaran hebat seperti yang terjadi awal tahun ini.
 
Dipaparkan Menteri, MPA yang sudah dilatih dan dipersiapkan oleh Sinar Mas Forestry, merupakan regu pemadam yang pertama kali turun di lapangan saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itu MPA harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat saat musim kemarau panjang datang sehingga masyarakat tidak melakukan pembakaran.
 
"MPA juga berfungsi sebagai pencegahan dini terjadinya karhutla. MPA harus berkoordinasi dengan BPBD-Damkar dan RPK perusahaan yang beroperasi di areal mereka, untuk dapat melakukan pemadaman api di titik-titik yang terjangkau. Kita dari Kementerian Lingkungan Hidup akan mendukung kegiatan MPA dengan pemberian fasilitas pendukung. Namun fasilitas pendukung tersebut akan kita bahas terlebih dahulu di pusat," ujar Menteri, seperti yang dikutip dari Goriau.
 
Sekda Bengkalis H Burhanuddin dan Kepala BPBD-Damkar Kabupaten Bengkals Moch Jalal serta  Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi menyambut kunjungan Menteri ke Sepahat dan Bukitbatu. Dengan adanya kunjungan Menteri Lingkungan Hidup ini diharapkan bisa membawa dampak positif dari Pemerintah Pusat untuk Pemerintah Daerah. (rep01/grc)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks