Ini Dia Negara-negara yang Juga Dikurung Asap

Dibaca: 414 kali  Senin,17 Maret 2014 | 01:48:00 WIB

 Ini Dia Negara-negara yang Juga Dikurung Asap
Ket Foto :

Jakarta-Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tidak hanya melanda Provinsi Riau dan sejumlah provinsi lain di Indonesia. Kabut asap juga melanda sebagian negara di Asia Tenggara.
 
Berdasarkan pantauan Satelit NOAA 18, titik api di negara-negara Asia Tenggara cukup banyak. Hingga hari ini Senin (17/3), titik api terbanyak terpantau di Myanmar dengan 362 titik api.
 
"Diikuti Kamboja 85 titik api, Thailand 44 titik api, Vietnam 39 titik api, Laos 34 titik api dan 14 titik api. Dikabarkan, kabut asap juga menyelimuti sebagian wilayah di negara tersebut," ujar Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.
 
Sementara di Indonesia, kabut asap juga melanda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan 12 titik api, Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 titik api dan Kalimantan Barat (Kalbar) serta Sulawesi Selatan (Sulsel) masing-masing 1 titik api.
 
Tidak hanya itu, titik api juga terdapat di kawasan konservasi di Kalimantan. Sebanyak 3 titik api, terdapat di Cagar Alam Muara Kaman Sedulang Kaltim dan 1 titik api di Taman Nasional Kutai Kaltim.
 
Sementara di Riau, jumlah titik api terus berkurang. Sampai hari ini titik api yang tersisa hanya 3 titik di sejumlah kabupaten. Hujan yang mengguyur di beberapa kabupaten/kota di Riau sejak beberapa hari terakhir membuat kabut asap makin menipis dan udara pun mulai terasa segar untuk dihirup.
 
Meski begitu, Kepolisian Daerah Riau terus memburu pelaku pembakar hutan dan lahan. Sejauh ini telah ditetapkan 64 tersangka dan satu di antaranya pimpinan PT National Sagu Prima (NSP) di Kabupaten Kapulauan Meranti, Riau.
 
Saat ini, Tim Pemburu Pembakar Hutan dan Lahan yang juga gabungan TNI AD masih menyisir sejumlah lokasi untuk mencari pelaku. "Untuk jumlah tersangka, kemungkinan akan terus bertambah," ujarnya. (rep05/mdc)
Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks