Lelah Saat Hamil? Jangan Lupakan 11 Makanan Ini

Dibaca: 470 kali  Kamis,30 Mei 2013 | 12:30:00 WIB

Lelah Saat Hamil? Jangan Lupakan 11 Makanan Ini
Ket Foto :

Sebagian besar wanita kerap mengeluh menderita kelelahan selama kehamilan. Merasa lemah, malas, lelah, lesu dan kurang berenergi. Kondisi ini biasanya terjadi selama trimester pertama dan ketiga kehamilan. Untuk itu, selama kehamilan, Anda benar-benar menjaga kesehatan tubuh dan mengatur pola makan tertentu. Berikut adalah beberapa makanan sehat yang dapat melawan kelelahan saat hamil, seperti dilansir Boldsky.

1. Makanan laut

Makanan laut adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3 dan antioksidan penting yang diperlukan selama kehamilan. Namun, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah terbatas karena makanan ini kaya merkuri dan konsumsi berlebihan dapat membahayakan janin Anda.

2. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium dan vitamin. Bakteri probiotik dalam yogurt dapat melawan kelelahan dan juga membersihkan sistem.

3. Bayam

Makanan ini adalah sumber yang kaya vitamin, mineral dan protein penting. Sayuran hijau ini kaya akan asam folat dan zat besi yang mampu melawan kelelahan selama kehamilan.

4. Pisang

Pisang mengandung asam folat yang dianggap sebagai vitamin prenatal. Makanan ini kaya akan asam folat yang dapat meningkatkan hemoglobin, mengurangi nyeri tubuh dan mencegah cacat lahir.

5. Almond

Jenis kacang ini sangat lah sehat karena mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengontrol nafsu makan dan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

6. Jeruk

Buah jeruk merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C dan asam folat. Untuk melawan kelelahan, para wanita harus sering mengonsumsi jus sehat seperti jus jeruk.

7. Kacang merah

Sebagian besar wanita sering mengalami anemia selama kehamilan. Untuk meningkatkan jumlah hemoglobin, masukkan kacang merah dalam menu harian Anda. Kacang ini kaya zat besi dan juga dapat dikonsumsi dalam fase postnatal.

8. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan mengandung folat yang baik untuk ibu hamil. Wortel dapat dikonsumsi mentah atau dibuat jus.

9. Lobak

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan juga menyebabkan kelelahan selama kehamilan. Konsumsi lobak hijau untuk mengatasi kelelahan dan tetap kuat selama kehamilan.

10. Delima

Buah berair ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh yang pada akhirnya melawan kelelahan dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

11. Brokoli

Makanan ini merupakan sumber kaya vitamin dan protein. Ini adalah salah satu makanan yang efektif melawan kelelahan selama kehamilan. Selamat mencoba! (rep05)
 

Akses Detakpekanbaru.Com Via Mobile m.detakpekanbaru.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks